Pengawas TPS Tak Terlindungi Jaminan Kesehatan 

0 Komentar

Bawaslu Kabupaten Cirebon melaksanakan pelantikan dan bimbingan teknis pengawas TPS di Kecamatan Weru. Namun, tidak adanya jaminan kesehatan bagi pengawas TPS menjadi point yang mendapatkan sorotan Panwascam. 

Panitia pengawas pemilu Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, menyoroti belum adanya jaminan kesehatan bagi para pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Dalam momen pelantikan dan bimbingan teknis bagi PTPS yang dihelat oleh Bawaslu Kabupaten Cirebon di Kecamatan Weru ini, faktor kesehatan dan keselamatan pengawas TPS menjadi sorotan.

214 pengawas TPS se-Kecamatan Weru yang dilantik ini, nantinya akan bertugas di 214 TPS untuk memastikan suksesnya pemilu 2024. Namun, tugas yang tidak gampang bagi pengawas TPS tidak dibarengi dengan jaminan Kesehatan.

Baca Juga:Potret Kemiskinan Di Desa Panembahan Pelantikan Karang Taruna Kabupaten Kuningan

Ketua Panwascam Weru menjelaskan, sampai saat ini masih belum ada informasi terkait jaminan sosial bagi pengawas TPS. Padahal, jaminan kesehatan seperti BPJS sangat penting untuk memastikan penanganan dan keselamatan pengawas TPS jika terjadi insiden seperti pemilu 2019.

Sementara, Panwascam Weru juga memaparkan adanya pemberian vitamin untuk menjaga stamina pengawas TPS. Sedangkan jika terjadi peristiwa insidental yang menimpa pengawas TPS, Panwascam akan berkoordinasi dengan Bawaslu sebagai bentuk tindak lanjut.

Kendati demikian, Panwascam juga berharap ada pelindungan jaminan kesehatan bagi pengawas TPS, agar seluruh pengawas bisa bekerja dengan maksimal dalam gelaran pemilu 2024

0 Komentar