Waspada Pohon Tumbang Di Musim Penghujan

0 Komentar

Kurang dari sepakan, beberapa peristiwa pohon tumbang terjadi di Kota Cirebon, salah satunya di Jalan Benteng Kota Cirebon, Senin siang. Hingga hari ini, BPBD mencatat 9 kejadian pohon tumbang yang membuat BPBD meminta masyarakat untuk lebih waspada dan lebih sadar lingkungan.

Peristiwa pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Benteng, Lemahwungkuk Kota Cirebon, Senin siang. Beruntung, insiden tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, dan hanya menimpa plang promosi.

Ditengah guyuran hujan, petugas BPBD dan DPRKP berusaha mengevakuasi pohon yang tumbang ke sisi jalan agar tidak menghalangi kendaraan yang melintas. Hingga pertengahan Januari, BPBD Kota Cirebon mencatat 9 peristiwa pohon tumbang. Akibat peristiwa itu, terdapat beberapa korban luka seperti yang terjadi di Jalan Dokter Ciptomangunkusumo. 

Baca Juga:205 PTPS se-Kecamatan Gebang DilantikPegawai Honorer Buka Usaha Warung ABS Untuk Tambah Penghasilan

Kasi Penyelamatan dan Evakuasi BPBD Kota Cirebon, Arief Aditya memperingatkan, dampak perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan sejak awal Januari bisa menjadi faktor penyebab tumbangnya pohon di Kota Cirebon. Selain itu, kebiasaan warga yang membakar sampah di bawah pohon juga dapat meningkatkan risiko pohon tumbang.

Sementara, sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menghadapi perubahan cuaca, serta koordinasi dengan pihak berwenang seperti DPRKP, PU, TNI dan Polri menjadi hal penting. Namun, kesadaran warga dalam menjaga lingkungan juga menjadi kunci utama, salah satunya menghindari pembakaran sampah di bawah pohon yang dapat menyebabkan pelapukan pada batang pohon dan berujung pada pohon tumbang

0 Komentar