Mengalami Pembengkakan Pada Area Gusi, Berikut Ini 5 Cara Mengatasi Gusi yang Bengkak Secara Alami – Mudah untuk Dilakukan

klikdokter.com
klikdokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Jika kamu mengalami gusi bengkak dan gejalanya masih ringan, kamu bisa mengatasinya dengan cara alami. Cara mengatasi gusi bengkak ini dengan berkumur air garam. Mudah untuk di lakukan dan tentunya hemat biaya.

Gusi bengkak merupakan kondisi ketika gusi nyeri, tampak menonjol, dan kemerahan. Apabila kondisi tersebut tidak teratasi, maka bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, hingga gusi mudah berdarah. Oleh karena itu bisa kamu atasi dengan segara. Berikut ini cara mengatasi gusi yang bengkak.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

1. Berkumur Air Garam

Kamu bisa mengatasinya dengan berkumur air garam. Pertama Siapkan segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam ke dalamnya, lalu aduk hingga rata. Setelah itu kumur campuran tersebut di dalam mulut, kemudian keluarkan. Kandungan garam mampu mencegah dan mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakkan.

Baca Juga:Tradisi Melukat di Bali yang Viral di Kalangan Artis Tanah Air : Persiapan Apa Saja yang Harus Dilakukan?Sudah Mengusung Mesin Hybird, Ini Dia Bocoran Spesifikasi Toyota Rush Hybird – Apakah Harganya Sudah Rilis?

2. Berkumur Air Lemon

Selain berkumur dengan air garam, kamu juga bisa berkumur dengan air lemon. Buah lemon mengandung asam yang bermanfaat sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya dengan memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Setelah itu, gunakan air lemon sebagai obat kumur. Lakukanlah sebanyak 3 kali sehari. 

3. Kompres Teh Celup

Berikutnya bisa dengan kompres teh celup. Siapkan sekantong teh dan rendam di dalam air mendidih hingga 5 menit. Saat kantong teh tersebut sudah cukup dingin untuk di sentuh, oleskan langsung ke gusi yang bengkak kurang lebih selama 5 menit. Pilihlah teh dengan kandungan zat tanin yang tinggi, seperti teh hitam dan teh hijau.

4. Kompres dengan Es Batu

Untuk mengatasi gusi bengkak ini kompres dengan es batu. Rasa dingin pada es batu bisa mengurangi nyeri dari gusi bengkak, karena saraf pembuat rasa nyeri menjadi mati rasa. Ambil es batu kemudian bungkus dengan handuk kecil. Lalu tempatkan pada area yang mengalami pembengkakan.

5. Menghindari Makanan Tertentu

Hindarilah makanan yang manis. Plak pada gigi terbentuk akibat konsumsi gula berlebihan. Apabila gigi tidak kamu bersihkan dengan baik, plak tersebut dapat memicu pembengkakan gusi. Makanan yang bisa mengobati gusi bengkak ini, seperti kunyit, lidah buaya, lada hitam, dan air rebusan daun jambu biji.

***

0 Komentar