Disbudpar Akan Susun Kamus Bahasa Cirebon

0 Komentar

Di tengah tantangan krisis guru bahasa Cirebon, Disbudpar Kota Cirebon, rencananya akan menyusun kamus bahasa Cirebon di tahun 2024. Diharapkan dapat direalisasikan dan bisa digunakan para guru bahasa daerah, sebagai referensi dalam melestarikan bahasa daerah bagi anak didik.

SDM guru bahasa daerah Cirebon, khususnya di Kota Cirebon, dianggap mengalami krisis, karena tidak semua guru seni dan budaya bisa mengajarkan bahasa daerah Cirebon, pada muridnya. Bahkan cukup minim guru yang memiliki keahlian husus di bidang bahasa Cirebon.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, Disbudpar Kota Cirebon rencananya akan menyusun kamus bahasa Cirebon di tahun 2024. Dengan terjemahan bahasa Indonesia dan akan dikembangkan bisa di terjemahkan dalam bahasa asing.

Baca Juga:Sekda Ingatkan ASN Harus NetralOptimalisasi Aktivasi Ruang Publik Kota Angin

Untuk merealisasikannya, penting melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi sebagai tim akademisi. Dan pakar pakar budayawan, maupun komunitas yang konsen dalam pelestarian bahasa daerah.

Diharapkan, rencana pembuatan kamus bahasa Cirebon, dapat terealisasi dengan baik dan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan

0 Komentar