Ketahui Yuk Fakta Manarik Dari Manfaat Kayu Gaharu

Sumber foto: Shutterstock
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jika kamu belum tahu dengan manfaat kayu gaharu. Pastikan simak artikel ini sampai habis yah! Penasaran bukan?

Gaharu termasuk dalam genus Aquilaria malaccensis. Kayu ini biasanya berwarna hitam pekat dan mengandung resin pada bagian gubal atau cincin pada kayunya. Kandungan resinnya memberikan aroma wangi yang khas pada gaharu. Pohon ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat nusantara sejak zaman dahulu. Saat itu, potongan kayu juga dijadikan komoditas masyarakat. Mereka menjual gaharu ke India, Iran, Arab dan beberapa negara Afrika.

Bahkan saat ini banyak negara yang menginginkan kayu ini dari Indonesia. Namun terbatasnya persediaan membuat banyak orang harus menunggu lama untuk mendapatkannya. Apalagi harganya semakin meroket karena terbatasnya stok.

Baca Juga:Banyak Orang Belum Tahu Buah Ini ! Ternyata Ini Dia Manfaat Buah KawistaViral ! Inilah Manfaat Rosemary untuk Rambut : Simak Yuk

Fakta Kayu Gaharu yang Sangat Mendunia dan Dipercaya oleh Banyak Orang

1. Dianggap Kayu Surga

Banyak pemeluk agama Islam yang meyakini bahwa gaharu berasal dari surga. Dikatakan dalam Hadits: “Kelompok makhluk langit yang pertama berbentuk bulan pada malam bulan purnama (menurutnya), nyala dupa mereka adalah gaharu.” Imam Abu Yaman menjelaskan, bahwa gaharu yang dimaksudkan adalah kayu gaharu.

2. Harga yang Sangat Mahal

Mereka yang pernah membeli furniture rumah pasti tahu kalau harga furniture gaharu sangat mahal. Meski bentuknya sudah berubah menjadi furnitur, namun bau aneh masih tetap ada.Fakta ini pula yang membuat harga kayu ini semakin mahal di pasaran. Bahkan ada yang menjual gaharu dengan harga Rp 450 juta per kilogram.

3. Semua Bagian Pohon Berguna

Batang gaharu pastinya merupakan bagian yang paling banyak di manfaatkan. Namun seluruh bagian pohon agar-agar juga bisa di manfaatkan. Selain batangnya, daun gaharu juga bisa di jadikan minuman herbal yang sangat berkhasiat bagi tubuh. Banyak juga orang yang memanfaatkan potongan batang gaharu sebagai obat alami untuk mengobati penyakit. Banyak orang yang mencampurkan gaharu ke dalam minuman panas dan di percaya dapat meredakan kembung, mengobati diare, penyakit ginjal, dan gejala hipertensi.

4. Penangkal Hal-hal Mistis

Beberapa ritual keagamaan menggunakan kayu gaharu dalam upacara adat. Beberapa agama membakar gaharu untuk menciptakan aroma yang konon menghubungkan dunia manusia dengan dunia spiritual. Agama lain juga menggunakan gaharu sebagai aksesori keagamaan.

Banyak masyarakat di berbagai wilayah Indonesia juga yang percaya bahwa pohon gaharu mampu mengusir jin dan sial. Saat di pakai baik sebagai gelang atau kalung, ada kenyamanan dan ketaqwaan dalam beribadah. Ia juga mengingat bahwa gaharu adalah pohon dari surga.

Itulah beberapa manfaat kayu gaharu.

0 Komentar