Gigi Kamu Sensitif? Berikut ini 5 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Hindari Makanan dan Minuman Asam

klikdokter.com
klikdokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Untuk bisa mengatasi gigi ngilu sebenarnya mudah. Mulai dari mencoba pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, dan harus rutin menyikat gigi dengan lembut. Gigi ngilu bisa menjadi masalah yang mengganggu dan membuat sehari-hari merasa tidak nyaman.

Tetapi kamu jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi gigi ngilu yang bisa membantu kamu. Berikut ini cara mengatasi gigi ngilu yang mudah sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

1. Hindari Makanan dan Minuman Asam

Makanan dan minuman, seperti asam jeruk, lemon, dan minuman bersoda ini bisa memperburuk rasa ngilu pada gigi sensitif. Apabila kamu mengonsumsinya, berkumurlah dengan air setelahnya untuk mengurangi efek asam pada gigi kamu.

Baca Juga:Baik untuk Kesehatan Gigi, Ini Dia 5 Manfaat Cuka Apel yang Bagus – Segera Praktikan SekarangBaik untuk Kulit Wajah, Berikut Sunscreen yang Bagus dan Murah Bisa Kamu Temukan di Toko Kosmetik Terdekat

2. Menggunakan Pasta Gigi Khusus untuk Gigi Sensitif

Menggunakan pasta gigi khusus ini bisa mengurangi rasa ngilu. Pasta gigi ini mengandung bahan-bahan seperti potassium nitrat. Bahkan ini bisa membantu melindungi saraf gigi dan mengurangi rangsangan. Gunakan pasta gigi ini secara teratur saat menyikat gigi untuk hasil yang optimal.

3. Lakukan Kompres Dingin

Cara mengatasi gigi ngilu, satu cara cepat untuk mengatasi rasa ngilu pada gigi adalah dengan mengompres gigi yang sakit dengan menggunakan kantong es. Kompres dingin tersebut bisa membantu mengurangi peradangan dan meringankan rasa sakit yang kamu rasakan.

4. Konsultasikan dengan Dokter Gigi

Apabila rasa ngilu pada gigi tidak kunjung hilang atau semakin parah, sangat penting untuk menghubungi dokter gigi. Bahkan gigi bisa melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan perawatan. Jangan menunda kunjungan ke dokter gigi karena hal ini bisa memperburuk kondisi gigi kamu.

5. Gunakan Pelindung Gigi di Malam Hari

Gertakan gigi bisa menjadi penyebab utama gigi ngilu. Selain itu, bisa menggunakan pelindung gigi malam saat tidur bisa membantu mengurangi tekanan pada gigi dan meredakan rasa sakit yang kamu alami.

Perawatan Dokter:

  • Perawatan Fluoride: Fluoride di mana dokter berikan pada area sensitif untuk menguatkan lapisan enamel gigi dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, Dokter gigi mungkin akan memberikan resep yang bisa kamu gunakan di rumah dengan alat khusus.
  • Desensitisasi: Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter gigi mungkin merekomendasikan desensitisasi untuk mengatasi gigi yang sering terasa ngilu. Desensitisasi pada permukaan akar gigi yang terbuka. Prosedur ini mungkin memerlukan penggunaan anestesi lokal.

***

0 Komentar