Kampung Wisata Rotan Tegalwangi

0 Komentar

Cirebon, sudah biasa terkenal dengan potensi wisata yang beraneka ragam. Salah satunya wisata Kampung Rotan Galmantro yang menjadi sentra pengrajin rotan di Cirebon.

Pengrajin rotan, merupakan pekerjaan pokok masyarakat di Desa Tegalwangi. Karena mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin, desa tersebut akhirnya dinobatkan menjadi Kampung Wisata Rotan Galmantro pada tahun 2017 lalu.

Konon, desa ini sudah dikenal sebagai kampung pengrajin rotan setelah Nyi Mas Semantra membuat sayembara rotan untuk memilih calon suaminya. Sampai sekarang pun desa ini menjadi destinasi wisata Cirebon, yang sangat edukatif dan rekomendatif untuk di kunjungi.

Baca Juga:TPS Di Benda Kerep Mulai Disiapkan Untuk Pemilu 2024Saluran Air Drainase Di Sukapura Perlu Di Benahi

Sayangnya, regenerasi pengrajin rotan ini mulai menyusut drastis. Dikarnakan para pemuda desa, lebih memilih menjadi guru atau kerja pabrikan dibanding meneruskan usaha orangtuanya sebagai pengrajin rotan.

Karena hal itu pengrajin rotan di Tegalwagi pun menyebar dari beberapa wilayah seperti Kuningan, Majalengka, dan Indramayu, ada juga beberapa perusahaan yang terkadang mengadakan training untuk melahirkan pengrajin rotan baru tetapi hanya sedikit pemuda yang menjadi peminatnya.

Produk yang dihasilkan oleh Desa Tegalwangi ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, bahkan ada beberapa produk yang sudah di ekspor ke luar negri seperti Thailand dan Malaysia. Disana juga pemirsa bisa melihat sekaligus belajar langsung cara menganyam kerajinan rotan tersebut

0 Komentar