Inilah Daftar Makanan Khas Jawa Barat yang Perlu Kamu Coba, Rasanya Ngangenin!

Inilah Daftar Makanan Khas Jawa Barat yang Perlu Kamu Coba, Rasanya Ngangenin!
Makanan Khas Jawa Barat (Radar Banyumas)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Setiap daerah, tentunya mempunyai ciri khas masing-masing, termasuk dari segi kulinernya. Begitupun dengan Jawa Barat, di mana di daerah tersebut, terdapat berbagai jenis makanan khas yang patut untuk di coba.

Hal ini menjadi sesuatu yang menarik, apalagi jika sedang singgah dalam rangka berlibur. Maka, mencicipi kuliner di daerah yang sedang di singgahi, menjadi sesuatu hal yang perlu di lakukan untuk mencoba hal baru yang mungkin belum pernah di rasakan sebelumnya.

Pasalnya, setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing dan mungkin akan sulit di temukan di daerah lain. Jika penasaran ingin mencicipi kuliner, terutama yang ada di Jawa Barat, kamu perlu tahu macam-macam makanannya terlebih dulu. Berikut daftarnya.

Baca Juga:Jaga Kesehatan Pencernaanmu! 7 Makanan Tinggi Serat Ini Dapat Membantu Agar Kesehatan Pencernaanmu Terjaga8 Makanan yang Pas Disantap Saat Hujan, Cocok untuk Menghangatkan Badan

Daftar Makanan Khas Jawa Barat

1. Seblak

Makanan atau jajanan ini sepertinya sudah tak perlu di ragukan lagi popularitasnya. Pasalnya, seblak merupakan suatu panganan yang banyak di sukai, terutama bagi yang senang dengan makanan gurih dan pedas.

Seblak di buat dengan menggunakan campuran bumbu, terutama kencur. Lalu seblak di isi dengan berbagai isian seperti kerupuk basah, bakso, mie instan, telur, dan biasanya akan di tambahkan juga dengan sayur-sayuran.

2. Karedok

Populer di kalangan masyarakat Sunda, membuat karedok kerap tersaji bersama makanan lain untuk menambah kenikmatan. Karedok merupakan makanan tradisional berupa sayuran mentah yang berisi tauge, mentimun, kacang panjang, kol, dan lain-lain.

Agar semakin nikmat, maka karedok juga di beri saus kacang yang telah di olah dengan bahan rempah lainnya. Hampir mirip seperti pecel atau lotek, hanya saja untuk karedok menggunakan sayuran mentah.

3. Nasi Tutug Oncom

Makanan khas Jawa Barat lainnya yakni nasi tutug oncom. Melihat namanya, mungkin sudah bisa di tebak jika nasi ini di buat dengan menggunakan campuran oncom. Oncom tersebut di tumbuk atau dalam bahasa Sunda “di tutug” sehingga dinamakan sebagai nasi tutug oncom.

4. Combro

Masih menggunakan oncom, ada gorengan enak dari Jawa Barat yang bernama combro atau oncom ti jero (ada oncom di dalamnya). Combro di buat dari singkong yang dihaluskan, lalu diberi isian oncom, dan di goreng.

5. Misro

Jika combro adalah oncom ti jero, maka misro adalah amis ti jero yang artinya manis di dalam. Berbeda dengan combro yang menggunakan oncom sebagai isian, misro menggunakan gula merah sebagai isian sehingga akan menghasilkan rasa yang manis.

Baca Juga:Lagi Kepengen Wisata Kuliner di Cirebon? Ini, 7 Makanan Khas dari Cirebon yang Wajib DicobaJangan Lewatkan untuk Mencicipi Sederetan Makanan Khas dari Indonesia dengan Cita Rasa yang Lezat Saat Sedang Berlibur! Simak Daftar Makanan yang Wajib Kamu Coba

6. Peuyeum

Terbuat dari singkong, peuyeum merupakan sejenis tape dengan tekstur yang kering. Peuyeum biasanya mudah ditemukan di beberapa titik jalan di Jawa Barat dan dijajakan dengan cara di gantung. Peuyeum bisa di olah menjadi berbagai santapan, salah satunya dengan cara di goreng.

7. Nasi Timbel

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya yaitu nasi timbel. Nasi timbel merupakan hidangan nasi yang di bungkus daun pisang dengan bentuk bulat lonjong. Bungkusan tersebut mirip seperti timbel atau bagian pada alat pancing.

Kemudian, tersaji dengan berbagai lauk seperti ikan goreng (ikan mas, gurame, ikan asin, dan lainnya), ayam goreng, tahu, dan tempe. Tak lupa ada juga sayur asam, sambal, dan lalapan sebagai pelengkapnya untuk menambah kenikmatan dari nasi timbel.

Selain deretan makanan yang telah disebutkan di atas, ada juga makanan lainnya seperti serabi, colenak, bandros, tahu sumedang, dan berbagai makanan lainnya yang tersebar di berbagai kota di Jawa Barat.

0 Komentar