Jaga Kesehatan Pencernaanmu! 7 Makanan Tinggi Serat Ini Dapat Membantu Agar Kesehatan Pencernaanmu Terjaga

Makanan Tinggi Serat (Freepik.com/ Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Dalam menjaga kesehatan tubuh, maka asupan yang masuk ke dalam tubuh perlu di perhatikan dengan baik. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, akan memberikan manfaat yang bai bagi tubuh. Salah satunya, berguna untuk melancarkan pencernaan.

Ada beberapa jenis serat yang di klasifikasi berdasarkan fungsinya. Ada serat larut air dan serat tak larut air. Untuk serat larut air, memiliki sifat larut air sehingga makanan yang mengandung serat ini, akan menyerap air dan berubah menjadi gel.

Sementara untuk serat tidak larut adalah kebalikannya. Pada serat tidak larut, tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan. Dengan demikian, sebagian besar dari serat tidak larut, akan membantu pergerakan dari kotoran yang berada di dalam usus.

Baca Juga:8 Makanan yang Pas Disantap Saat Hujan, Cocok untuk Menghangatkan BadanLagi Kepengen Wisata Kuliner di Cirebon? Ini, 7 Makanan Khas dari Cirebon yang Wajib Dicoba

Makanan Tinggi Serat

Tidak hanya melancarkan pencernaan, namun serat juga berguna untuk membuat perut kenyang lebih lama, mengelola gula darah hingga membantu untuk mengurangi risiko kanker, termasuk kanker usus besar. Agar bisa mendapatkan manfaat tersebut, konsumsilah makanan dengan kandungan serat yang akan di jabarkan berikut ini seperti yang di lansir dari Healthline.

1. Apel

Apel merupakan buah yang bisa di konsumsi sendiri dengan cara di makan langsung atau di olah menjadi sebuah santapan yang nikmat. Dalam apel dengan ukuran sedang, terdapat kandungan serat sebanyak 4,4 gram. Apel tak hanya menyediakan serat larut saja, namun juga serat tak larut.

2. Pisang

Memiliki banyak kandungan nutrisi selain serat, seperti vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Dalam pisang, terdapat kandungan serat sebanyak 3,1 gram untuk satu buah pisang dengan ukuran sedang. Sama seperti apel, pisang bisa di konsumsi sendiri bahkan bisa di olah menjadi sebuah santapan yang nikmat.

3. Wortel

Makanan dengan tinggi serat berikutnya yaitu wortel yang bisa di konsumsi langsung ataupun di masak. Selain mengandung serat, wortel juga mengandung nutrisi lainnya seperti  vitamin K, vitamin B6, magnesium, dan beta karoten, antioksidan yang di ubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

4. Brokoli

Sayuran dengan kandungan serat yang bagus untuk tubuh ini, juga mengandung berbagai nutrisi lainnya. Seperti vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B, potasium, zat besi, mangan, dan antioksidan. Dengan adanya antioksidan, brokoli berguna untuk membantu melawan kanker.

5. Buncis

Jenis sayuran lainnya yaitu buncis yang bisa di olah menjadi sebuah santapan dengan cara di tumis. Dalam buncis, terdapat kandungan seperti serat dan berbagai mineral didalamnya.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang polong bukan hanya menyediakan serat saja. Namun juga mengandung protein nabati dan beragai nutrisi. Pada secangkir kacang merah matang, terdapat 12,2 gram serat sementara dalam secangkir kacang polong matang, terdapat 16,3 gram serat.

Baca Juga:Jangan Lewatkan untuk Mencicipi Sederetan Makanan Khas dari Indonesia dengan Cita Rasa yang Lezat Saat Sedang Berlibur! Simak Daftar Makanan yang Wajib Kamu Coba8 Pilihan Makanan Tinggi Protein untuk Mendapatkan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Daftarnya Disini

Kacang almond juga termasuk ke dalam makanan yang tinggi serat dengan jumlah kandungan serat per 3 sendok makan yakni sebanyak 4 gram. Bukan hanya serat, namun juga mengandung lemak sehat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

7. Chia Seed

Chia seed merupakan biji hitam kecil dengan nilai gizi yang tinggi. Dalam chia seed, terdapat kandungan serat yang baik beserta kandungan lainnya. Seperti magnesium, fosfor, dan kalsium dalam jumlah tinggi. Kandungan serat didalamnya sebanyak 9,75 gram untuk tiap ons chia seed kering. Untuk mengonsumsinya, bisa di campur dengan puding atau dimasukkan ke dalam smoothie.

0 Komentar