Cegah Anemia! Ketahui, 6 Makanan untuk Penambah Darah Mulai dari Sumber Pangan Hewani Hingga Nabati

Makanan untuk Penambah Darah (nugonutrition.com/ tribun)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVMakanan untuk penambah darah, di butuhkan bagi seseorang yang mengalami anemia. Kurang darah atau anemia merupakan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang di tandai oleh beberapa hal. Seperti kulit terlihat pucat, lemah, lelah, sakit kepala, dan sebagainya.

Jika mengalami beberapa hal tersebut, maka kemungkinan mengalami anemia, seperti yang di lansir dari laman Kemkes. Maka jika mengalami hal tersebut, sebaiknya konsumsi makanan yang bisa mencegah terjadinya anemia yang bisa di peroleh dari berbagai sumber.

Sumber makanan untuk penderita anemia bisa di dapatkan dari sumber hewani maupun nabati yang bisa melengkapi nutrisi seseorang. Adapun kebutuhan nutrisi tersebut seperti zat besi, asam folat, vitamin C, dan lainnya. Untuk itu, ketahui makanan apa saja yang bisa di konsumsi bagi penderita anemia seperti yang di rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:Cara Membuat Batagor : Jelajahi Rasa Makanan Ringan Khas Bandung dengan Balutan Sambal KacangPenderita Asam Urat Sebaiknya Hindari! Berikut, Inilah 5 Makanan Penyebab Asam Urat

Makanan untuk Penambah Darah

1. Daging Merah

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, daging merah di nilai dapat membantu untuk mengobati anemia. Beberapa sumber daging merah yang bisa di konsumsi yaitu daging sapi, daging kambing, dan daging lainnya.

2. Jeroan

Jeroan atau organ dalam hewan seperti hati sapi, di nilai memiliki kandungan zat besi yang dapat berguna sebagai penambah darah. Zat besi dalam makanan, dapat membantu untuk memproduksi hemoglobin yang dibutuhkan oleh sel darah merah.

Hanya saja perlu di perhatikan dalam mengonsumsi jeroan. Pasalnya, ada beberapa risiko kesehatan yang akan timbul jika terlalu sering makan jeroan sehingga dalam mengonsumsinya, perlu di batasi agar tidak berlebihan.

3. Unggas

Opsi lain dari sumber hewani yakni unggas. Unggas seperti ayam juga bisa menjadi sumber zat besi. Selain itu, produknya seperti telur ayam juga memiliki kandungan vitamin B6 yang berguna sebagai penambah darah untuk anemia.

4. Ikan

Jika tidak ingin daging merah maupun unggas, ikan dengan kandungan vitamin B12, dapat menjadi makanan untuk penambah darah. Hal ini tentunya baik bagi seseorang yang kekurangan darah sehingga perlu mendapatkan asupan vitamin B12 agar bisa meningkatkan fungsi sumsum tulang sehingga dapat menghasilkan sel darah merah.

4. Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Sayuran dengan warna daun hijau gelap, di nilai mampu menjadi sumber tambahan zat besi. Beberapa contoh sayuran dengan warna daun hijau gelap misalnya bayam dan sawi hijau.

5. Aneka Buah-buahan

Buah-buahan dengan kandungan vitamin C di nilai dapat membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan perannya yang penting sebagai sumber nutrisi bagi penderita anemia, maka pemenuhannya perlu di lakukan secara maksimal.

Baca Juga:Cara Membuat Tahu Gejrot : Eksplorasi Makanan Cirebon dengan Cita Rasa yang Khas Berbahan Dasar Tahu6 Daftar Makanan Penurun Asam Urat yang Baik untuk Dikonsumsi dan Membantu untuk Meringankan Gejala

Untuk bisa mendapatkan sumber vitamin C, maka bisa didapatkan dari berbagai sumber buah-buahan. Seperti jeruk, stroberi, tomat, delima, dan berbagai jenis buah-buahan lainnya yang mempunyai kandungan vitamin C.

6. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kebutuhan vitamin E pada seseorang juga penting untuk dipenuhi karena perannya yang berguna untuk melindungi membran sel darah merah dari radikal bebas. Selain itu, jika kekurangan vitamin E, maka akan menyebabkan anemia hemolitik.

Maka untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, ada beberapa makanan yang mengandung vitamin E yang berguna untuk penambah darah. Misalnya beberapa jenis kacang-kacangan hingga biji-bijian.

0 Komentar