6 Daftar Makanan Penurun Asam Urat yang Baik untuk Dikonsumsi dan Membantu untuk Meringankan Gejala

Makanan Penurun Asam Urat (Freepik.com/ Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Penyakit asam urat merupakan suatu kondisi medis yang menyebabkan rasa sakit pada persendian. Agar bisa meringankan kondisi tersebut, maka bagi penderitanya, sebaiknya konsumsi makanan penurun asam urat.

Namun hal itu tentu saja menjadi salah satu opsi di antara opsi lainnya yang perlu di lakukan. Pasalnya, bagi penderitanya, perlu melakukan beberapa hal untuk mengelola gejalanya. Seperti menurunkan berat badan, berhenti merokok dan menjaga pola hidup lainnya.

Pemberian obat juga bisa di lakukan untuk meredakan dan mencegah serangan. Maka dengan kombinasi keseluruhan opsi tersebut, penderitanya dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara optimal dan di harapkan dapat meminimalisir terjadinya kekambuhan.

Baca Juga:8 Macam Makanan Penambah Darah untuk Cegah Anemia, Simak DaftarnyaBerencana Ingin Menaikkan Berat Badan? Coba 7 Makanan Tinggi Kalori Ini untuk Membantu Menambah Kalori Tubuh

Daftar Makanan Penurun Asam Urat

Merangkum dari berbagai sumber, penderitanya dapat mengonsumsi beberapa pilihan makanan yang dapat berguna untuk meredakan keluhan. Berikut beberapa pilihan makanan tersebut.

1. Buah-buahan

Buah-buahan yang di kenal memiliki kandungan serat, rupanya dapat berguna untuk penderita asam urat. Ada beberapa pilihan buah yang baik untuk di konsumsi bagi penderita asam urat seperti buah pisang, ceri, apel, hingga berbagai buah dengan kandungan vitamin C tinggi.

Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu untuk mencegah terjadi pembentukan kristal asam urat. Lalu untuk buah ceri, berguna untuk menurunkan asam urat dan meredakan nyeri sendi karena kandungan antosianin, yang tak lain merupakan pigmen warna merah ungu.

Kemudian untuk buah apel, di percaya dapat menetralkan asam urat dalam darah karena kandungan asam malat didalamnya. Sementara buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi, dapat berperan untuk menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.

2. Sayur-sayuran

Makanan penurun asam urat berikutnya yakni sayur-sayuran. Hanya saja perlu berhati-hati dalam mengonsumsi sayuran. Pasalnya, ada beberapa jenis sayuran yang menjadi pantangan. Misalnya bayam, kangkung, dan lain-lain.

Untuk itu, penderitanya dapat mengonsumsi jenis sayuran lainnya yang aman dan tidak mengandung purin yang tinggi. Seperti tomat, wortel, kentang, mentimun, brokoli, dan lain-lain yang juga beberapa diantaranya mengandung antioksidan.

3. Kacang-kacangan

Bagi penderita asam urat, masih boleh untuk mengonsumsi beberapa jenis kacang-kacangan. Namun perhatikan jenis kacang-kacangan yang boleh untuk di konsumsi. Seperti biji bunga matahari, kacang polong, dan lain-lain.

Baca Juga:10 Makanan Penghancur Lemak Ini Dapat Membantumu Saat Sedang Menurunkan Berat Badan, Simak DaftarnyaMenggiurkan! Inilah Daftar Makanan Khas Bandung, Mulai dari Camilan Hingga Makanan Berat

Maka dalam mengonsumsi kacang-kacangan, perhatikan kandungan protein nabati yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, bagi penderitanya yang mengonsumsi makanan dengan tinggi protein nabati, mempunyai kadar asam urat yang rendah di banding dengan yang mengonsumsi protein hewani.

4. Ikan

Salah satu jenis ikan yang baik sebagai makanan penurun asam urat yakni ikan salmon. Pasalnya, salmon mengandung asam lemak omega 3 tinggi sehingga dapat berguna untuk mengurangi adanya peradangan hingga pembengkakan.

5. Yoghurt

Jika senang dengan susu, maka bisa coba produk olahan susu seperti yoghurt. Yoghurt merupakan produk fermentasi yang di nilai aman untuk di konsumsi oleh penderita asam urat, terutama untuk yang rendah lemak. Pada yoghurt dengan kandungan rendah lemak, dapat membantu mengurangi risiko asam urat.

6. Jahe

Bukan hanya di kenal sebagai rempah dan bumbu masak, jahe rupanya juga dapat membantu untuk meringankan gejala asam urat. Dalam jahe, terdapat kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang berguna untuk mengurangi terjadinya peradangan. Untuk itu, jahe bisa di tambah ke dalam makanan atau di buat menjadi sebuah minuman seperti wedang jahe untuk mendapatkan manfaatnya.

0 Komentar