Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

0 Komentar

Upaya melatih kesiapan para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) Rabu 14 Februari 2024 mendatang, petugas KPPS melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara (P2S). Salah satunya seperti yang dilaksanakan panitia pemungutan suara (PPS), di Desa Dompyong Wetan Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, Minggu siang.

Sejumlah petugas KPPS yang ada di wilayah kerja PPK Kecamatan Gebang, mengikuti simulasi pelaksanaan pemilu, Minggu pagi. Simulasi pemungutan dan penghitungan (P2S) ini, dengan memasukkan contoh-contoh permasalahan yang timbul ketika dalam pelaksanaan P2S.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan PPK Gebang Nawawi, menyampaikan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilakukan sebagai bahan bagaimana para petugas KPPS ketika menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang. Beberapa materi yang pernah mereka dapatkan baik dari bimtek maupun dari membaca buku panduan P2S, dipraktekan oleh mereka.

Baca Juga:Menikmati Durian SinapeulMasuki Masa Tenang Pemilu

Selain itu, dalam pelaksanaan simulasi P2S ini, memasukkan permasalahan-permasalahan yang biasanya ditemui di lapangan ketika pelaksanaan P2S. Beberapa diantaranya penanganan pemilih yang tidak membawa E-KTP, tidak ada undangan hingga memperlakukan saksi dan pemilih disabilitas.

Sementara, kpu juga meminta pada para petugas KPPS dalam melaksanakan P2S 14 Februari 2024 mendatang, agar mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental terutama untuk menjaga kesehatan mereka agar dalam pelaksanaan P2S mendatang mereka dalam kondisi sehat hingga pelaksanaan P2S selesai

0 Komentar