Mengapa Makanan Pedas Bisa Membuat Ketagihan? Ternyata Ini Alasan Dibaliknya

Makanan Pedas
Alasan Makanan Pedas Bisa Membuat Ketagihan (Eater SF)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat mengonsumsi makanan pedas, tanpa sadar dapat membuat makan menjadi lahap. Bahkan, makanan pedas juga dapat membuat seseorang menjadi ketagihan. Lantas mengapa makanan pedas bisa membuat yang menikmatinya menjadi ketagihan?

Makanan dengan sensasi pedas tergolong unik karena menciptakan rasa terbakar pada lidah. Bahkan, tak jarang, makanan pedas juga mampu membuat keringat menjadi bercucuran. Dengan efek yang dihasilkannya tersebut, hal ini seolah nampak menyiksa bagi yang menikmatinya.

Walaupun demikian, bagi pecinta pedas akan ada yang kurang jika tak mengonsumsi makanan pedas. Maka, penambahan sambal atau cabai ke dalam makanan yang akan dikonsumsi, menjadi sebuah opsi yang yang akan dilakukan, khususnya bagi pecinta pedas untuk menambah selera makan.

Baca Juga:8 Makanan Pedas untuk Camilan, Buatnya Mudah Bikin Mulut Jadi Huh Hah!Cobain Buat di Rumah! Inilah Macam-macam Makanan Pedas di Indonesia yang Menggugah Selera Makan

Makanan Pedas Bisa Membuat Ketagihan, Mengapa?

Sensasi pedas pada makanan, dapat membuat seseorang merasa ketagihan. Uniknya, pedas rupanya tidak termasuk pada jenis rasa yang terdeteksi oleh indra pengecap manusia. Pasalnya, indra pengecap lidah hanya mampu mengecap lima rasa yang terdiri dari manis, adam, pahit, umami dan asin.

Meskipun rasa pedas tidak ada dalam indra pengecap lidah, namun lidah mampu merasakan sensasi unik dari makanan pedas yang dikonsumsi. Sensasi unik yang dimaksud yakni lidah akan merasakan rasa pedas yang terbakar dengan sedikit panas. Hal tersebut konon mampu membuat selera makan jadi meningkat.

Kemudian, makanan pedas yang terbuat dari cabai, akan mengandung capsaicin. Zat kimia tersebut dapat membuat makanan akan terasa pedas. Lalu, tubuh akan melepaskan zat kimia lain yang akan membuat timbulnya perasaan senang sehingga akan membuat ketagihan untuk mengonsumsinya lagi.

Pelepasan zat kimia lain yang dimaksud yakni berupa endorfin yang dikenal sebagai zat kimia yang menyebabkan timbulnya rasa senang. Selain endorfin, ada juga dopamin yang dapat merangsang munculnya rasa nikmat dan ketagihan ketika mengonsumsi makanan pedas.

Dengan munculnya rasa ‘nagih’ akibat makanan pedas, maka seseorang menjadi ketergantungan ingin merasakan lagi sensasi pedas tersebut. Maka hal tersebut dapat memicu seseorang untuk makan pedas karena makanan pedas sudah membuat seseorang tersebut menjadi ketagihan.

Sensasi pedas juga memberikan sentuhan yang berbeda bagi suatu makanan. Baik dari segi warna maupun segi rasa. Makanan pedas biasanya akan memiliki warna merah. Dalam sisi psikologi, konon warna merah dipercaya dapat membangkitkan rasa lapar bahkan merangsang seseorang menjadi lapar.

Makanan Pedas Mempunyai Manfaat, Namun Juga Bisa Berdampak Buruk

Dibalik rasanya yang pedas, makanan pedas memiliki beragam manfaat. Beberapa manfaat tersebut diantaranya yakni meningkatkan tekanan darah dan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung atau stroke, menurunkan kadar LDL, hingga memperlambat sel kanker.

Baca Juga:Banyak yang Candu Dengannya! Ini Dia, Beragam Manfaat dari Makanan PedasJangan Salah! 5 Makanan Beraroma Menyengat Ini Rupanya Kaya Manfaat dengan Beragam Kandungan Nutrisi

Walaupun begitu, makan makanan pedas juga perlu berhati-hati agar tidak berlebihan. Pasalnya, makanan pedas dapat menyebabkan berbagai risiko seperti mual, muntah, diare, sakit perut, hingga munculnya sakit maag.

 

 

 

 

 

0 Komentar