Catat! Inilah Daftar Pilihan Makanan Sehat untuk Penurun Asam Lambung

sayuran hijau
Makanan Penurun Asam Lambung (Disway Jateng)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jika mengalami gejala berupa rasa tidak nyaman pada perut seperti kembung hingga panas di dada, mungkin bisa jadi gejala dari penyakit asam lambung. Maka ada baiknya, konsumsi makanan penurun asam lambung agar meminimalisir terjadinya gejala yang tidak nyaman.

Melansir dari Kemenkes, penyakit asam lambung bisa dialami oleh berbagai kalangan usia. Bisa remaja, usia dewasa, bahkan lansia. Beberapa kasus yang telah mencapai tahan parah, penderitanya akan mengalami kesulitan saat menelan makanan.

Menurut Ekta Gupta, MBBS, MD, ahli gastroenterologi di Johns Hopkins Medicine mengatakan jika diet memainkan peran utama dalam mengendalikan gejala refluks asam. Hal tersebut dapat menjadi terapi lini pertama yang dapat digunakan bagi penderita GERD (gastroesophageal reflux disease).

Baca Juga:Mengapa Makanan Pedas Bisa Membuat Ketagihan? Ternyata Ini Alasan Dibaliknya8 Makanan Pedas untuk Camilan, Buatnya Mudah Bikin Mulut Jadi Huh Hah!

Makanan Penurun Asam Lambung

Dalam mencegah naiknya asam lambung, ada beberapa kategori makanan yang dapat dikonsumsi. Melansir dari laman Johns Hopkins Medicine, berikut kategori makanan yang dimaksud.

1. Makanan Berserat Tinggi

Makanan dengan serat tinggi, dapat membantu untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat menghindari konsumsi makanan secara berlebihan. Beberapa contoh makanan yang berserat tinggi, diantaranya :

  • Biji-bijian utuh seperti seperti oatmeal, dan beras merah.
  • Sayuran umbi-umbian seperti ubi, wortel, dan bit.
  • Sayuran hijau seperti asparagus, brokoli, dan kacang hijau.

2. Makanan Alkali

Makanan alkali merupakan makanan yang memiliki kandungan pH yang tinggi sehingga bersifat basa. Dengan begitu, dapat membantu untuk mengimbangi asam lambung yang kuat. Adapun beberapa contohnya meliputi pisang, melon, kembang kol, dan lain-lain.

3. Makanan Mengandung Air

Mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan air, dapat mengencerkan dan melemahkan asam lambung. Beberapa pilihan makannya seperti seledri, mentimun, selada, sup kaldu, semangka, dan lain-lain.

Selain tiga kategori makanan diatas, beberapa jenis minuman dapat membantu untuk mengatasi sakit maag. Seperti susu rendah lemak (susu skim), yoghurt rendah lemak, teh jahe hingga sedikit air lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu. Namun perlu diperhatikan juga, bisa jadi tidak semua jenis minuman tersebut akan cocok bagi penderita maag.

Makanan yang Menyebabkan Naiknya Asam Lambung

Selain mengetahui jenis makanan yang dapat menurunkan asam lambung, ketahui pula makanan yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung agar bisa dihindari. Makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung, tergolong ke dalam jenis makanan yang tinggi lemak, garam, dan mengandung rempah.

Melansir dari laman yang sama, beberapa contoh makanan yang perlu dihindari yakni gorengan, makanan cepat saji, pizza, olahan makanan ringan, cabai dalam kondisi segar maupun bubuk, merica, daging berlemak, buah sitrus, cokelat, dan keju.

Baca Juga:Cobain Buat di Rumah! Inilah Macam-macam Makanan Pedas di Indonesia yang Menggugah Selera MakanBanyak yang Candu Dengannya! Ini Dia, Beragam Manfaat dari Makanan Pedas

Agar dapat terhindar dari naiknya asam lambung, sebaiknya hindari makan saat malam hari menjelang waktu tidur dan sebaiknya dalam porsi kecil dan sering. Selain itu, hindari juga makan malam terlalu larut dan mengonsumsi camilan sebelum tidur.

 

 

 

 

0 Komentar