5 Tanaman Hias ini Bisa Menjadi Pengusir Nyamuk, Kulit Bebas Bentol dan Tak Gatal Lagi!

Tanaman hias
Tanaman Hias Pengusir Nyamuk (Istimewa/Net)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Rasa gatal akibat gigitan nyamuk dapat membuat kulit terasa tak nyaman, apalagi jika digaruk terus menerus. Jika tak ingin hal itu terjadi, ada salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan memiliki tanaman hias yang bisa menjadi pengusir nyamuk.

Jenis tanaman tersebut, dapat menjadi solusi lain selain menggunakan produk pengusir nyamuk yang biasanya dijual di pasaran. Dengan memiliki tanaman hias pengusir nyamuk, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Tak hanya mengusir nyamuk, namun juga bisa memperindah rumah.

Untuk menanamnya, bisa ditanam di tanah maupun di dalam pot. Agar bisa mendapatkan manfaatnya, taruh tanaman tersebut pada area yang mungkin menjadi tempat keluar masuk nyamuk seperti pintu ataupun teras. Berikut ini, macam-macam tanaman hias pengusir nyamuk.

Baca Juga:Ciptakan Suasana Asri dengan Mengoleksi Macam-macam Tanaman Hias Daun, Ketahui Nama-namanya DisiniPercantik Pekarangan dengan Berbagai Macam Tanaman Hias Bunga Ini, Cari Tahu Macam-macamnya Disini

1. Daun Mint

Daun mint merupakan salah satu jenis daun yang biasa digunakan untuk menjadi hiasan pada minuman. Namun tak jarang, daun mint juga diolah menjadi perasa untuk menciptakan sensasi rasa mint hingga untuk berbagai produk pemakaian luar.

Aroma mint yang menyegarkan dari tanaman ini, rupanya tak disukai oleh nyamuk sehingga aroma yang sangat kuat dari peppermint, dapat menjadi pengusir nyamuk dengan cara alami. Maka jika ingin mengusir nyamuk, bisa tanaman daun mint di rumahmu, ya.

2. Lavender

Bunga cantik dengan warna ungu yang menebarkan aroma wangi dari minyak atsiri pada bagian daunnya, menjadi jenis tanaman lainnya yang tak disukai oleh nyamuk. Lavender perlu ditanama pada daerah dengan suhu yang lebih hangat.

Namun, lavender juga bisa ditaruh di dalam ruangan sehingga bisa dijadikan sebagai penghias atau dekorasi pada ruangan. Cukup taruh dengan menggunakan pot kecil, maka lavender dapat mempunyai dua sekaligus untuk rumahmu yakni sebagai dekorasi dan juga mengusir nyamuk.

3. Rosemary

Jika kamu pernah membuat steak atau senang memasak dengan menggunakan rempah aromatik, pasti sudah tidak dengan rosemary. Rosemary merupakan salah jenis tanaman hias dan bisa dijadikan bumbu masak. Aroma dari rosemary khas seperti pinus, dengan rasa segar seperti daun mint dan lemon. 

Dengan aromanya tersebut, konon bisa menangkal nyamuk bahkan telah direkomendasikan oleh New York Botanical Garden (NYBG). Ketahanan dari tanaman ini termasuk cukup kuat karena bisa bertahan pada berbagai iklim.

4. Geranium

Geranium mempunyai aroma yang tak disukai nyamuk sehingga bisa menjadi tanaman hias lainnya yang dapat menjadi pengusir nyamuk. Tanaman ini mampu mengeluarkan aroma lemon, seperti serai yang bisa menangkal nyamuk.

Baca Juga:Selain Mempercantik, Tanaman Hias Ini Bisa Berfungsi Sebagai Penyerap Asap RokokMengenal Seni Tanaman Hias Kokedama: Teknik Bertanam Sederhana untuk Mengasah Kreativitas

5. Serai

Serai merupakan jenis tanaman yang mudah dirawat dan mempunyai manfaat yang beragam. Seperti yang diketahui, serai adalah salah satu jenis bumbu masak untuk memberikan aroma sedap pada masakan. Namun tak hanya itu, serai juga berguna untuk mengusir serangga, termasuk nyamuk.

0 Komentar