Cara Mengatasi HP Lemot Agar Kinerjanya Kembali Normal, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

hp lemot
Cara Mengatasi HP Lemot (Ist/ pagaralampos)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – HP atau handphone merupakan sebuah perangkat yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kini HP telah menjelma menjadi bentuk smartphone yang menyediakan fitur canggih. Namun, bagaimana jika saat menggunakan HP, tiba-tiba terjadi kendala? Misalnya saja lemot atau kecepatan operasionalnya menjadi menurun. Tak perlu khawatir jika hal itu terjadi, sebab ada beberapa cara mengatasi HP lemot. Berikut selengkapnya.

Cara Mengatasi HP Lemot

1. Cek Ruang Penyimpanan

Langkah mudah pertama yang bisa dilakukan yakni dengan mengecek bagian ruang penyimpanan. Pasalnya, kinerja dari HP, dapat ditentukan dari ruang penyimpanan. Jika ada banyak file yang tersimpan, maka kinerja pun akan menjadi berat.

Untuk itu, sebaiknya hapus file yang tidak penting sehingga dapat menambah jumlah ruang penyimpanan dan dapat mempercepat kinerja HP. Paling tidak, sisakan minimal 20 persen ruang penyimpanan agar kinerja HP tak begitu lambat.

Baca Juga:Jangan Buru-buru Beli, Simak Dulu Tips Memilih Mobil Keluarga yang Tepat UntukmuDaftar Pilihan Mobil Keluarga dengan Daya Tampung Banyak dan Nyaman, Harga Mulai dari 100 Jutaan

2. Hapus Aplikasi yang Tak Terpakai

Setelah mengecek ruang penyimpanan, mungkin akan ditemui aplikasi yang tak terpakai dalam HP. Jika menemukannya, sebaiknya hapus atau uninstall aplikasi tersebut agar tidak menumpuk. Jika menumpuk dan tidak terpakai, tentunya hanya akan menambah ruang penyimpanan saja dan berpengaruh pada kinerja HP.

3. Hapus Cache

Selain menghapus aplikasi yang tak terpakai, hapus juga data cache lewat pengaturan HP. Sama seperti sebelumnya, data cache yang menumpuk dapat mengakibatkan kinerja HP menjadi lambat dan tentunya membuat performanya menjadi berkurang.

4. Cek Pembaruan Sistem HP

Cara mengatasi HP lemot berikutnya yakni mengecek bagian pembaruan sistem HP. Pastikan jika sistem HP yang digunakan telah menggunakan versi terbaru. Pasalnya, jika masih menggunakan sistem operasi lama, maka bisa berdampak pada performa dari HP.

5. Restart HP

Apabila masih menemui kendala, bisa lakukan restart atau memulai ulang. Hal ini konon dapat menjadi langkah sederhana untuk mengembalikan kinerjanya, apalagi jika menyebabkan penurunan. Maka ada baiknya untuk melakukannya, paling tidak seminggu sekali.

6. Reset Pabrik

Cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan reset pabrik. Cara ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kinerja HP namun dengan cara menghapus semua datanya, sehingga HP akan kembali apda setelah pabrik atau setelan awal. Jika ingin melakukan cara ini, pastikan data penting telah diamankan.

0 Komentar