Kemacetan Panjang Truk Pengangkut Batu Bara di Pelabuhan, Ini Penjelasan Pelindo Cirebon

dok.ist
Foto: Hs/ dok.ist
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2024 pukul 17.00-22.00 terjadi kemacetan di pintu masuk pelabuhan Cirebon, titik terparah berada di akses distribusi pelabuhan.

 

Akibatnya, ratusan truk batubara terjebak kemacetan di dalam dan luar pelabuhan sehingga mengganggu lalu lintas keluar masuk.

 

Hal itu diungkapkan seorang sopir truk di Pelabuhan Cirebon yang mengaku kesal dengan kemacetan yang menyebabkan antrian panjang dan menghambat pengiriman batu bara. 

 

Baca Juga:Bea Cukai Cirebon Musnahkan 20 Juta Batang Rokok FGD Kebanksentralan, Pj Wali Kota Dukung Nilai-nilai Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah

“Saya mematikan mesin kendaraan selama hampir empat jam, keluar masuk pelabuhan dan menunggu muatan dari kapal yang merapat,” ujarnya kesal.

 

Dengan adanya kemacetan kendaraan truk angkutan di pelabuhan, dibenarkan Regional Manager Komersial dan Kepatuhan Bisnis regional 2 Pelindo Cirebon, Bom Bom Cepi Nugraha.

 

Ia menjelaskan, hal ini disebabkan adanya pekerjaan perbaikan jalan pelabuhan dan penggunaan timbangan. Dari tiga timbangan yang biasa digunakan hanya satu yang diaktifkan.

 

Kemacetan ini bukan hanya disebabkan perbaikan jalan di Pelabuhan Cirebon kata Bom Bom, akan tetapi juga karena habisnya kontrak, hanya menggunakan satu timbangan dari tiga timbangan yang biasa di pergunakan. 

 

“Untuk itu, infrastruktur jalan pelabuhan akan ditingkatkan agar pengoperasiannya lancar dan nyaman sekaligus meminimalisir penumpukan truk di jalur timbang sehingga tidak terjadi kemacetan lagi,” ujarnya, Kamis (7/3//2024). 

 

Bom Bom menambahkan, timbangan pelabuhan berfungsi sebagai pengukur volume barang/muatan yang masuk ke pelabuhan. Baik pelabuhan besar maupun kecil memerlukan timbangan tersebut untuk menjaga efisiensi dan keakuratan pendataan saat pengangkutan barang.

 

Dan untuk operasional, operator pelabuhan harus mengontrol jumlah barang yang dapat diangkut kapal untuk menjamin keselamatan dan meminimalkan keberadaan truk yang kelebihan muatan. 

 

Baca Juga:Ramalan Zodiak Aquarius dan Pisces: 8 Maret 2024, Aquarius! Hindari Terjebak Oleh Simpanan AndaRamalan Zodiak Sagitarius dan Capricorn: 8 Maret 2024, Yuk Bersiaplah untuk Kabar Baik Sagitarius! 

“Untuk itu pelabuhan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pergerakan barang di seluruh wilayah, khususnya di wilayah kepulauan seperti Indonesia,” pungkasnya.***

0 Komentar