Ekraf On The Street, Terobosan Baru Disporapar – Video

Ekraf On The Street, Terobosan Baru Disporapar
0 Komentar

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPORAPAR) Kabupaten Kuningan telah meluncurkan program baru untuk mengembangkan 17 subsektor ekonomi kreatif, yang diberi nama “EKRAF ON THE STREET”.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Dading Fajarudin, menjelaskan bahwa EKRAF ON THE STREET adalah sarana untuk memperkenalkan produk dan karya dari pelaku usaha ekonomi kreatif. Program ini akan menampilkan produk dalam bentuk stan produk dan pameran di lokasi pusat keramaian.

Program ini bertujuan untuk menumbuhkan 17 subsektor ekonomi kreatif di kalangan pengusaha dan wirausaha lokal, sesuai dengan target dari Kementerian terkait. Subsektor tersebut meliputi pengembangan permainan atau game, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen, kuliner, film, animasi, dan video, fotografi, desain komunikasi visual, televisi, radio, kriya, periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi.

Baca Juga:Program Menginap Di Rumah Warga Tak Mampu – VideoTol Kanci Pejagan Berlakukan Diskon Tarif Bagi Pemudik – Video

EKRAF ON THE STREET diadakan perdana dalam acara puncak keramaian “Ngabuburit” pada Minggu sore kemarin di Jalan Siliwangi, sekitar kantor Bupati Kuningan. Produk dan karya ekonomi kreatif yang ditampilkan meliputi seni tari tradisional, beragam hasil seni kriya, galeri fotografi karya fotografer lokal, dan seni musik.

Rencananya, kegiatan seperti ini akan diadakan secara rutin. Setelah bulan Ramadan, EKRAF ON THE STREET akan hadir dalam kegiatan Car Free Day. Selain itu, Kepala Bidang Ekraf berharap kegiatan ini bisa diadakan secara mobile antar kecamatan.

Menurut Dading, upaya menumbuhkan ekonomi kreatif di Kuningan memerlukan kehadiran pemerintah langsung di tengah masyarakat. Sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional, sektor ekonomi kreatif perlu mendapat dukungan agar dapat bertahan dan meningkatkan produktivitas, terutama menghadapi persaingan produk luar negeri.

Dalam acara ini, musisi asal Kuningan, Pupun Kapten, memberikan dukungan. PJ Bupati Kuningan, Raden Iip Hidayat, juga melakukan kunjungan ke stan ekonomi kreatif. Selain itu, kegiatan monitoring dilakukan di sekitar Pendopo, termasuk kegiatan Ngabers Genre-Gers yang dibina oleh Dinas DPPKBP3A.

0 Komentar