Kereta Kencana Ki Juru Mudi Di Keraton Kacirebonan – Video

Kereta Kencana Ki Juru Mudi Di Keraton Kacirebonan
0 Komentar

Kereta Kencana Ki Juru Mudi merupakan salah satu pusaka yang dimiliki oleh Keraton Kacirebonan. Dinamai Ki Juru Mudi, yang diambil dari nama pusaka keris Ki Juru Mudi milik Sultan Kacirebonan pertama, yang memiliki sejarah yang patut diketahui.

Penamaan Ki Juru Mudi dilatarbelakangi oleh sebuah pusaka keris milik Sultan Kacirebonan pertama, yang memiliki sejarah yang patut diketahui.

Pada peristiwa pengasingan Sultan ke Ambon oleh penjajah Belanda, keris tersebut menunjukkan jalan ketika Sultan Kacirebonan pertama hendak pulang ke Cirebon, dari tempat pembuangannya di daerah Ambon.

Baca Juga:Pawai Obor dalam Festival Takbir Suranenggala – VideoAtraksi Sepakbola Api dari Santri Suranenggala – Video

Saat perjalanan pulang dari tempat pembuangan di dalam kapal, Sultan menggunakan pusaka keris Ki Juru Mudi untuk memberi tahu arah jalannya.

Kereta Ki Juru Mudi saat ini disimpan di Paseban Kulon Keraton Kacirebonan, dan masih digunakan untuk kegiatan adat tradisi.

Rangka kereta Ki Juru Mudi berasal dari Inggris. Pada tahun 1997, kereta Ki Juru Mudi direvitalisasi oleh Pangeran Yusuf Dendrabrata untuk keperluan Festival Keraton Nusantara.

0 Komentar