Sampah Berserakan Di Alun-Alun Kejaksan – Video

Sampah Berserakan Di Alun-Alun Kejaksan
0 Komentar

Peningkatan kunjungan di beberapa tempat wisata dan fasilitas umum seperti taman kota pada saat libur Lebaran seperti sekarang banyak meninggalkan sisa sampah yang sering didominasi dengan bungkus makanan berserakan di kawasan tersebut. Selain dari kurangnya kesadaran warga untuk tertib membuang sampah, perlunya perhatian khusus dari pengelola diperlukan untuk mengatasi masalah yang timbul akibat dari sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung.

Minggu pagi, warga sempat terganggu dengan visual dari sampah-sampah yang berserakan di sekitar Alun-Alun Kejaksan, yang terlihat sebagian besar merupakan bungkus plastik sisa makanan yang berasal dari pengunjung pada Sabtu malam. Meningkatnya kunjungan warga ke Alun-Alun pada masa liburan Lebaran dibandingkan dengan hari biasa menjadi penyumbang membludaknya sampah di beberapa kawasan seperti di lapangan tengah, sekitar gapura, hingga ke sudut-sudut Alun-Alun.

Selain kurangnya kesadaran dari warga untuk membuang sampah pada tempatnya, di beberapa sudut Alun-Alun masih dijumpai tempat sampah dengan ukuran yang tidak cukup besar untuk menampung banyaknya sampah yang terlihat penuh, bahkan hingga berserakan di sekitarnya. Yang juga disayangkan, beberapa tong sampah masih belum terdapat pemisahan antara sampah organik dan non-organik.

Baca Juga:Islam Aboge Di Banyumas Baru Lebaran Hari Jumat – VideoPolsek Kesambi Amankan Satu Orang Pemuda Diduga Melakukan Tawuran – Video

Pedagang kaki lima juga masih kerap ditemukan berjualan di sekitar Alun-Alun, bahkan tidak segan menghalangi baliho peringatan yang sudah terpasang. Warga pun ikut membeli makanan dan menyantapnya di sekitar Alun-Alun. Sayangnya, dengan tong sampah yang sudah menumpuk, membuat beberapa warga dengan sengaja meninggalkan sisa bungkus makanan mereka begitu saja, yang sekilas membuat kawasan Alun-Alun terkesan kumuh.

Hingga sekitar pukul 9 pagi, baru terlihat petugas kebersihan menyebar untuk memunguti sisa sampah pengunjung dan membersihkan sekitar kawasan Alun-Alun Kejaksan. Perlunya perhatian khusus untuk kebersihan kawasan Alun-Alun, yang menjadi salah satu pusat hiburan masyarakat, terutama pada masa liburan seperti saat ini. Peningkatan pengunjung perlu didukung dengan kesiapan sarana dan prasarana kebersihan yang memadai, selain dengan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan yang juga perlu ditingkatkan kembali.

0 Komentar