Islam Aboge Di Banyumas Baru Lebaran Hari Jumat – Video

Islam Aboge Di Banyumas Baru Lebaran Hari Jumat
0 Komentar

Jamaah Islam Aboge di Dusun Dukuhmenir, Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, baru saja melaksanakan sholat Idul Fitri pada Jumat pagi. Mereka menggunakan perhitungan hari pasaran, sehingga hari pertama Syawal jatuh pada Jumat Wage, yang membuat Jamaah Islam Aboge merayakan Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Sholat Idul Fitri dilaksanakan berjamaah di mushola Baitusyakur. Tidak hanya orang dewasa, banyak juga jamaah yang membawa serta anak-anak mereka untuk menjalankan sholat Id.

Salah seorang jamaah Islam Aboge, Poniman, menyatakan bahwa perhitungan Aboge didasarkan pada kalender Jawa Islam kuno yang telah turun temurun. Meskipun berbeda dengan umat Islam lainnya, namun toleransi antar umat beragama tetap menjadi prioritas.

Baca Juga:Pihak CSB Jamin Santunan Untuk Keluarga 4 Korban Meninggal – VideoJalan Poros Di Desa Astapada Rusak & Tergenang Air – Video

Setelah melaksanakan sholat Idul Fitri, seperti biasa, para jamaah saling bersalaman sesama jamaah dan sesama Muslim yang telah merayakan lebaran terlebih dahulu. Acara dilanjutkan dengan makan bersama di mushola, dengan nasi dan lauk-pauk yang dibawa dari rumah.

0 Komentar