Gado-Gado Hj. Rum Lawanggada – Video

Gado-Gado Hj. Rum Lawanggada
0 Komentar

Selalu menarik untuk menjelajahi kuliner legendaris dari Cirebon, salah satunya adalah Gado-Gado Ayam. Makanan khas Cirebon ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan gado-gado dari daerah lain. Selain bahan-bahan seperti timun, tauge, potongan tahu, dan bumbu kacang yang umumnya ada dalam gado-gado, Gado-Gado Ayam Cirebon juga ditambahkan dengan suwiran ayam goreng dan kuah kari yang memberikan citarasa khas yang tidak bisa ditemui di kuliner sejenisnya.

Salah satu kuliner khas Cirebon yang selalu diburu pemudik pada lebaran kemarin adalah Gado-Gado Ayam. Berbeda dari gado-gado di daerah lain, Gado-Gado Ayam Cirebon masih mempertahankan isian yang mirip dengan gado-gado biasanya, seperti timun, tauge, potongan tahu, dan bumbu kacang. Namun, tambahan suwiran ayam dan kuah kari memberikan sentuhan unik pada cita rasa Gado-Gado ini. Tidak ketinggalan juga kerupuk bawang dan emping yang melengkapi hidangan ini.

Seperti Gado-Gado Ayam Hj. Rum yang sudah berjualan sejak 1975 di Lawanggada, Kota Cirebon. Tempat ini masih mempertahankan ciri khasnya dengan menambahkan suwiran ayam goreng kampung, kuah kacang, dan kuah kari kental yang resepnya tidak pernah berubah sejak pertama kali berjualan. Hingga kini, tempat ini dijalankan oleh keturunan dari Hj. Rum, yaitu Jaja. Untuk menjaga citarasanya, Gado-Gado Hj. Rum hanya menyediakan 200 porsi setiap harinya, yang biasanya habis sebelum waktu makan siang tiba.

Baca Juga:Bubur Sop Lawanggada Wa Darmin – VideoFadli Terpaksa Putus Sekolah Di Kelas 5 Sekolah Dasar – Video

Jaja, penerus Gado-Gado Hj. Rum, menjelaskan bahwa pelanggan yang datang tidak jarang berasal dari luar kota, terutama pada akhir pekan atau libur lebaran seperti kemarin. Mereka biasanya mencari makanan khas Cirebon yang tidak bisa ditemukan di kota asalnya atau datang atas ajakan dari orang yang sudah lama menjadi langganan. Untuk tahun ini, terdapat penyesuaian harga karena kenaikan beberapa harga bahan pokok, yang awalnya 25 ribu rupiah per porsi kini menjadi 30 ribu rupiah per porsi.

Gado-Gado Hj. Rum telah memiliki sertifikasi halal dari MUI, sesuai dengan yang diwajibkan bagi pelaku UMKM di Kota Cirebon untuk mendorong daya saingnya dengan produk usaha sejenis lainnya. Selain bisa dinikmati langsung di Lawanggada Kota Cirebon, juga dapat dipesan melalui beberapa jasa aplikasi online. Jadi, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan Gado-Gado Ayam khas Cirebon ini!

0 Komentar