11 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Kaya Nutrisi Bagi Tubuh

manfaat ciplukan unutk kesehatan/kompas.com
manfaat ciplukan unutk kesehatan
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Ciplukan atau Physalis peruviana adalah buah yang cukup unik. Sebab, tampilan buah ini tertutup dengan lapisan yang mirip dengan daun. Jika ingin menikmatinya, kamu harus membuka lapisan luarnya terlebih dulu.

Selain itu, tekstur daging buahnya hampir menyerupai tomat, dengan rasa manis dan sedikit asam, serta berwarna jingga kekuningan jika sudah matang. Buah ini sangat kaya akan vitamin dan mineral penting, termasuk antioksidan.

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Ciplukan mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Kandungannya mulai dari serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C, B1, B2, B3, dan vitamin A. 

Baca Juga:10 Manfaat Sereh Untk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui9 Manfaat Bang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, buah berwarna jingga kekuningan ini juga mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Tak ketinggalan, kandungan antioksidan beta karoten dan polifenol.

Tanaman herbal ini mengandung karotenoid, sejenis antioksidan yang membantu mencegah sekaligus memperlambat kerusakan sel tubuh. Antioksidan ini juga dapat membantu memperkuat sistem kardiovaskular. Beberapa manfaat lain dari Physalis peruviana, meliputi:

1. Mengatasi peradangan

Studi dalam Journal of Crohn’s and Colitis menemukan, ekstrak dari sekam ciplukan mampu mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus. Selain itu, tikus yang mendapatkan pengobatan dengan ekstrak tanaman ini memiliki tingkat penanda peradangan yang lebih rendah pada jaringannya.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Selain itu, tanaman herbal ini juga mengandung fitosterol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Terdapat pula asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat, yang bekerja dengan menurunkan kolesterol secara keseluruhan.

Tak hanya ciplukan, kamu juga bisa menggunakan tanaman herbal dalam artikel 5 Tanaman Herbal untuk Membantu Turunkan Kolesterol untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Studi dalam The Journal of Evidence-Based Integrative Medicine menemukan bahwa, buah ciplukan mampu membantu mengatur sistem kekebalan tubuh manusia. Khasiat ini berasal dari polifenol yang bekerja dengan menghalangi peradangan tubuh. 

Selain itu, tanaman herbal ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Bahkan, kandungannya dapat memenuhi sebanyak 21 persen kebutuhan harian wanita dan 17 persen kebutuhan harian pria.

Baca Juga:9 Manfaat Bawang Putih Mentah Tanpa Mencampur dengan Makanan Untuk KesehatanFakta-fakta Terbaru Pelaku Pembunuhan Dalam Koper di Bekasi

4. Menjaga kesehatan tulang

Penelitian lain dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan, ciplukan kaya akan vitamin K, jenis vitamin larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang.

Faktanya, vitamin K merupakan komponen penting dari tulang dan tulang rawan. Selain itu, nutrisi tersebut juga turut serta dalam pergantian tulang yang sehat, yaitu proses pemecahan dan perbaikan tulang.

5. Menyembuhkan penyakit kuning

Penyakit kuning muncul dengan gejala utama berupa perubahan warna kulit menjadi kekuningan. Penyebabnya adalah tingginya kadar bilirubin dalam darah.

Menariknya, ciplukan mengandung antioksidan jenis saponin, fisalin, flavonoid, dan polifenol yang dapat membantu meredakan gejala tersebut.

6. Mengelola diabetes

Fungsi tanaman obat ini dalam mengelola diabetes berkat senyawa yang bekerja dengan memperlambat asupan gula sederhana dari karbohidrat. Hal tersebut dapat mencegah masuknya gula ke dalam aliran darah. 

Mengontrol kadar gula darah tetap stabil adalah kunci penting untuk menghindari hiperglikemia. Gangguan kesehatan ini berpotensi membahayakan pengidap penyakit kencing manis.

7. Meningkatkan kemampuan penglihatan

Studi dalam Advances in Nutrition menyebutkan bahwa lutein dan karotenoid lainnya, termasuk zeaxanthin dan lycopene terbukti melindungi dari kehilangan penglihatan akibat penyakit kencing manis.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, buah satu ini dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia yang menjadi penyebab utama kebutaan.

8. Mengatasi nyeri sendi dan rematik

Nyeri sendi tak hanya menimbulkan sensasi tidak nyaman, tapi juga dapat menurunkan kinerja tubuh dalam melakukan aktivitas.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengompres area nyeri dengan daun ciplukan. Caranya, hancurkan daun terlebih dulu dan campur dengan jeruk nipis.

9. Meningkatkan kinerja saluran kemih

Ciplukan adalah obat diuretik yang bisa memperlancar buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan menurunkan risiko batu kandung kemih. Selain itu, tanaman satu ini juga dapat menjadi obat alami penyakit kencing nanah.

10. Melindungi organ hati dan ginjal

Studi dalam Journal of Dietary Supplements menemukan bahwa jus buah ciplukan dapat melindungi hati dan ginjal terhadap jaringan parut. Gangguan ini juga memiliki istilah medis fibrosis hati. 

Sementara bagi ginjal, buah ini dapat melindungi organ tersebut dari racun. Caranya dengan menstimulasi pengeluaran urine, sehingga lemak, racun, dan garam bisa keluar dari dalam tubuh.

11. Membantu meningkatkan kesehatan otak

Buah ciplukan kaya akan vitamin C yang dapat membantu mencegah gangguan pada otak, termasuk demensia dan alzheimer. Kedua masalah kesehatan ini menyebabkan penurunan daya ingat.

0 Komentar