Kenali 3 Fungsi Baterai Beserta Cara Kerjanya,Yang Sering Di Gunakan Sehari Hari.

foto
Foto/Batu Natrai (bela.gratisongkir.id)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv– Sampai saat ini penggunaan baterai saat ini sangat luas di segala bidang kehidupan.

Berbagai peralatan elektronik seperti smartphone, jam dinding, remote TV, mainan anak-anak, kalkulator, dan lainnya menggunakannya sebagai pemasok energinya agar bisa bekerja.

Baterai yang tersedia di pasaran memiliki jenis, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda karena di sesuaikan dengan kebutuhan. Secara umum.

Baca Juga:Ini Dia Tingkat Kecemasan Pada Penerbangan Bagi Pemula Dan Orang Tua.Tips dan Trik menjaga Kesehatan Mata Bagi Aktivitas Yang Banyak di Depan Komputer.

Diartikan sebagai suatu alat penghasil energi listrik yang terdiri dari dua buah sel elektrokimia pengubah energi kimia menjadi listrik.

Baterai memiliki dua buah kutub yakni kutub positif dan kutub negatif, kutub negatif adalah sisi yang mempunyai energi potensial lebih rendah di bandingkan kutub positif.

Posisi kutub positif dan kutub negatif harus di letakkan dengan tepat agar bisa bekerja.

Pengertian baterai adalah sebuah komponen yang mampu mengubah energi kimia yang di simpannya menjadi sumber energi listrik melalui proses kimia untuk dapat digunakan peralatan elektronika.

Energi listrik yang di hasilkan, di gunakan sebagai sumber daya perangkat elektronik.

Baterai memiliki berbagai fungsi yang sangat di butuhkan oleh perangkat elektronik, bahkan mesin kendaraan.

Bekerja mengkonversi energi kimia yang tersimpan di dalamnya menjadi energi listrik. Berikut adalah beberapa fungsi untuk perangkat elektronik dan kendaraan:

Baca Juga:Penyakit Yang Sering Terjadi Sesudah Lebaran Baik Untuk Orang Dewasa Sampai Orang Tua.Ini Dia Bebrapa Produsen Kendaraan listrik Yang Ada di Indonesia.

Sebagai Sumber EnergiFungsi utama baterai adalah sebagai sumber energi listrik yang di simpan dalam bentuk energi kimia.

energi kimia yang di simpan di dalam kemudian di ubah menjadi energi listrik sebagai sumber energi untuk berbagai peralatan elektronik, seperti laptop, kamera, ponsel, walkie-talkie, radio, hingga mobil.

Menghidupkan Sistem StarterSistem starter adalah sebuah sistem untuk menghidupkan perangkat yang membutuhkan daya listrik.

Saat sistem starter akan di nyalakan, maka baterai yang terhubung langsung dengan perangkat listrik akan menghasilkan daya listrik agar starter dapat hidup.

Berfungsi Sebagai StabilizerPada sistem kerja kendaraan di butuhkan sebuah sistem sebagai penyeimbang atau di sebut sebagai stabilizer.

Baterai pada kendaraan berperan sebagai stabilizer yakni untuk menyuplai energi listrik ke kendaraan sehingga mesin bekerja seimbang.

Itulah beberapa fungsi baterai yang perlu di ketahui, memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari yang banyak di gunakan dalam beberapa hal.

Cara Kerja Baterai

Baterai bekerja dengan cara mengalirkan energi dari kutub negatif (anoda) yang merupakan sumber elektron kemudian elektron mengalir menuju kutub positif (katoda).

Material pembentuk kutub positif dan kutub negatif dapat bereaksi dengan bahan elektrolit yang ada di antara kedua kutub.

Satu senyawa baru akan terbentuk di kutub negatif saat bereaksi dan menyisakan satu elektron.

Agar terjadi reaksi antara kutub positif (katoda) dengan zat elektrolit, di perlukan satu elektron yang berasal dari reaksi pada anoda dan elektrolit.

Elektron kemudian berpindah ke kutub positif yang menghasilkan aliran arus listrik, cara kerja baterai ini berhubungan dengan kutub yang ada pada kutub negatif dan positif.

Demikian sedikit informasi mengenai fungsi dari batu batrai yang sering kita jumpai dan di pakai  di kehidupan sehari hari.

0 Komentar