Penyakit Yang Sering Terjadi Sesudah Lebaran Baik Untuk Orang Dewasa Sampai Orang Tua.

Foto
Foto/Penyakit yang Sering Terjadi (yankes.kemkes.go.id)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv-Tak sedikit orang yang pola makannya berubah di momen lebaran. Misalnya, lebih sering mengonsumsi makanan tinggi lemak, kolesterol, atau minuman tinggi gula.

Nah, hal inilah yang nantinya terkadang bisa menimbulkan keluhan kesehatan. 

Sebut saja penyakit asam lambung, kolesterol tinggi, hingga hipertensi. Mau tahu apa saja penyakit yang perlu di waspadai usai lebaran? Berikut ulasannya!

Penyakit yang Sering Terjadi Saat Lebaran

Baca Juga:Ini Dia Bebrapa Produsen Kendaraan listrik Yang Ada di Indonesia.Menjadi Kebanggan Wisudawan dari Fakultas (FMIPA) lulus dengan IPK Sempurna.

  1. Penyakit lambungMakanan lezat yang di sajikan selama Lebaran seringkali membuat kita makan berlebihan. Hal ini bisa memicu gangguan pada saluran pencernaan, seperti asam lambung naik atau gastritis.Agar menghindari hal ini, sebaiknya batasi jumlah makanan yang Anda makan setiap hari. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering, dan hindari makanan pedas, asam, dan berlemak.
  2. Flu atau pilekBanyaknya orang yang berkumpul di satu tempat saat Lebaran bisa memicu penyebaran virus flu dan pilek. Hindari berjabat tangan dan menggunakan peralatan makan yang sama dengan orang lain.

    Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta setelah berinteraksi dengan orang lain.

  3. DehidrasiDehidrasi sering terjadi pada saat Lebaran, terutama jika kamu lupa untuk minum air putih yang cukup. Perbanyak minum air putih, hindari minuman bersoda dan beralkohol, dan konsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti semangka dan melon.
  4. Sakit kepalaStres yang timbul selama persiapan Lebaran bisa membuat kepala kita sakit. Jangan lupa untuk beristirahat dan tidur yang cukup, hindari stres berlebihan, dan lakukan relaksasi dengan teknik meditasi atau yoga.
  5. Kadar Kolesterol dan Gula Darah MeningkatKondisi ini terjadi ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak.

    Karena makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol dan gula darah dalam darah yang meningkatkan risiko terkena diabetes. 

    Kamu harus berhati-hati, kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan nyeri pada dada atau lengan. Ini biasanya terjadi ketika kamu sedang stres atau melakukan aktivitas fisik yang berat. 

    6. Kenaikan berat badanKenaikan berat badan seringkali terjadi setelah Lebaran karena kita makan berlebihan dan kurang beraktivitas.

    Sebaiknya atur pola makan dan olahraga yang sehat, dan hindari makanan yang mengandung gula dan lemak yang tinggi.

    Baca Juga:Syarat Konversi Motor Gratis dari Kementerian ESDM ,Yuk Simak Apa Persaratannya !Perhatikan Aturan Ganjil Genap Pada Kendaran Anda,Untuk Berlibur Ke Jalur Puncak.

    7. HipertensiNah, satu lagi penyakit yang tak jarang menyerang saat waktu lebaran. Hipertensi atau tekanan darah tinggi  bisa datang jika kamu tak mengontrol kadar garam dari makanan yang kamu kamu konsumsi. 

    Untuk mengatasinya, usahakan kamu membatasi diri untuk menyantap terlalu banyak gorengan atau olahan dari daging.  

     

     

    Itu dia beberapa jenis penyakit yang banyak di derita oleh masyrakat banyak baik untuk orang anak anak hingga dewasa. 

0 Komentar