Lebih Mudah untuk Mendengarkan Musik dan Podcast: Inilah 7 Trik Meningkatkan Kualitas Suara AirPods Pro

Foto
Foto/Kualitas suara AirPods Pro (eraspace.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- AirPods Pro sangat berbeda dari AirPods biasa. Model dasar mereka memungkinkan kamu mendengarkan musik dan podcast favorit, berbicara dengan Siri, memeriksa daya baterai, dan menemukan jika ada yang hilang. Namun, AirPods Pro menawarkan kualitas audio yang lebih baik, pengoptimalan pengisian daya baterai, dan fitur inovatif lainnya.

Pada dasarnya, AirPods Pro memungkinkan kamu menonton video YouTube atau mendengarkan musik dengan kualitas suara terbaik. Namun, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin memaksimalkan kualitas suara AirPods Pro.

1. Update firmware

Jika kamu ingin memanfaatkan fitur terbaru, kamu harus menjalankan firmware terbaru. Versi firmware berbeda-beda tergantung pada model dan generasi AirPods Pro. Kunjungi halaman dukungan firmware Apple untuk menemukan versi firmware terbaru untuk model AirPods yang kamu miliki.

Baca Juga:Penting untuk Permainan Mobile: Apa Definisi Refresh Rate? Berikut Penjelasan dan 7 FaktanyaPilihan yang Lebih Ekonomis: Inilah 3 Pesaing HP Vivo V30 SE 5G yang Memiliki Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2

Untuk melihat firmware yang sedang diinstal, buka iPhone, pilih Pengaturan, lalu klik Info. Kemudian, ketuk ikon Info.

Jika kamu tidak memiliki versi firmware terbaru, isi daya AirPods Pro di dekat iPhone. Tunggu sepuluh hingga lima belas menit, lalu periksa iPhone untuk memastikan bahwa versi terbaru telah diinstal.

2. Alihkan Noise Control Settings

Untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik dari AirPods Pro, kamu mungkin perlu mematikan Active Noise Cancellation (ANC).

Meskipun peredam kebisingan dianggap dapat meningkatkan kualitas suara, ini tidak selalu benar. Karena pemrosesan suara yang kuat di balik layar, proses penghapusan suara aktif (ANC) sebenarnya dapat mengurangi kualitas suara.

3. Ubah EQ

Setiap orang memiliki preferensi unik untuk telinga mereka, serta tingkat gangguan pendengaran mereka. Oleh karena itu, apa yang mungkin terdengar baik bagi orang lain mungkin terdengar buruk bagi kamu. Akibatnya, Apple menambahkan Accommodations Headphone, yang memungkinkan pengaturan equalizer (EQ) AirPods Pro.

Pengaturan ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran yang parah. Kamu juga dapat mengubah suara AirPods Pro sesuai keinginan kamu. Cara berikut untuk mengubah EQ AirPods di iPhone:

  • Buka Settings > Accessibility.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Audio & Visual.
  • Ketuk Headphone Accommodations dan aktifkan tombol di bagian atas layar.
  • Sekarang, kamu dapat memilih di antara tiga opsi prasetel yang mengoptimalkan suara untuk Balanced Tone, Vocal Range, atau Brightness.

4. Nonaktifkan atau edit Audio Spasial

Audio Spasial menciptakan efek suara dari segala arah, termasuk kiri dan kanan, atas, bawah, depan, dan belakang. Sayangnya, fitur ini tidak langsung membuat segalanya terdengar lebih baik.            

Baca Juga:Tetap Menggunakan Teknologi Charging Signature: Inilah Kehadiran Varian 5G Infinix Note 40 Series di IndonesiaMasing-masing Bodi Memiliki Stuktur yang Kuat: Inilah 3 Alternatif Vivo V30e 5G HP dengan Chipset Serupa

Saat diputar dengan Audio Spasial, beberapa lagu terasa lebih jauh, kehilangan iramanya, atau menjadi keruh. Fitur ini bagus jika digunakan saat menonton film, tetapi tidak bagus saat mendengarkan musik. Oleh karena itu, kamu mungkin perlu menonaktifkan Audio Spasial untuk melihat apakah kualitas suara meningkat.

5. Ikuti Ear Tip Fit Test

Bantalan telinga AirPods Pro mungkin tidak menutup telinga dengan baik. Untuk menentukan ukuran yang paling sesuai dengan preferensi kamu, untungnya ada metode yang dapat digunakan secara instan.

Berbasis perangkat lunak, Ear Tip Fit Test milik Apple memungkinkan kamu mengetahui ukuran tip telinga mana yang paling cocok untuk mencegah suara bocor masuk atau keluar dari telinga. Untuk mengetahuinya: 

  • Hubungkan AirPods Pro ke iPhone.
  • Buka Settings dan pilih Bluetooth.
  • Ketuk tombol Info (i) di samping AirPods Pro.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Ear Tip Fit Test, lalu ikuti langkah-langkah yang tertera di layar.

Jika tip telinga tidak menutup dengan baik, coba ukuran lain. Kamu mungkin perlu menggunakan ukuran berbeda untuk setiap telinga.

6. Nyalakan Sound Enhancer

Melalui Apple Music di macOS, pengguna desktop dan laptop Apple dapat menikmati fitur suara eksklusif mereka sendiri. Fungsi penggeser Sound Enhancer memungkinkan pengguna mengubah respons bass dan treble, menambah atau mengurangi kelebaran efek stereo yang dirasakan. Ini adalah solusi yang sangat baik untuk meningkatkan bass MacBook.

Caranya adalah dengan masuk ke Apple Music, pilih Pengaturan, Playback, dan Sound Enhancer.

7. Nonaktifkan fitur Conversation Awareness

Pengguna AirPods Pro 2 dapat menggunakan fitur bermanfaat Conversation Awareness, yang memungkinkan AirPods untuk terus mendengarkan suara di sekitar dan meningkatkan pengalaman mendengarkan dengan cepat.

Misalnya, AirPods Pro akan memperkecil volume audio saat seseorang berbicara di depan kamu, memungkinkan kamu mendengar orang yang sedang berbicara di dekat kamu dengan lebih baik dan melakukan percakapan dengan lebih mudah. Setelah kalian berdua selesai berbicara, AirPods Pro akan kembali ke pengaturan kontrol kebisingan standar mereka.

Fitur ini, sayangnya, membuat banyak orang tidak nyaman, terutama saat mendengarkan musik di tempat umum. Kamu dapat menonaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

  • Buka Settings > Bluetooth di iPhone.
  • Ketuk tombol Info (i) di samping AirPods Pro.
  • Gulir ke bawah dan matikan Conversation Awareness di bagian bawah Audio.

Dengan sedikit usaha, kamu dapat meningkatkan kualitas suara AirPods Pro.

0 Komentar