Penting untuk Permainan Mobile: Apa Definisi Refresh Rate? Berikut Penjelasan dan 7 Faktanya

Foto
Foto/Apa itu Refresh Rate (eraspace.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Smartphone dan ponsel pintar masa kini mulai unjuk gigi. Smartphone modern menjanjikan performa terbaik di segala bidang selain menawarkan baterai badak. Salah satunya adalah refresh rate. HP baru sering memiliki refresh rate yang tinggi, seperti 60, 90 atau 120 Hertz (Hz).

Refresh rate juga menjadi sarana bagi para produsen smartphone untuk unjuk gigi dalam menarik pasar generasi muda. Namun, berapa lama refresh rate? Apa manfaatnya? Meskipun smartphone memiliki baterai yang sangat kuat, inilah pengertian dan informasi tentang kecepatan refresh mereka.

1. Apa definisi refresh rate?

Refresh rate, yang diukur dalam satuan “Hz”, menunjukkan seberapa cepat layar ponsel memperbarui pixel layarnya setiap detik. Dengan kata lain, jika kamu melihat refresh rate 120 Hz, itu berarti layar tersebut memperbarui pixel sebanyak 120 kali per detik! Karena TV lama hanya memiliki refresh rate 30 Hz, 120 Hz pada layar HP jauh melampaui TV lama!

Baca Juga:Pilihan yang Lebih Ekonomis: Inilah 3 Pesaing HP Vivo V30 SE 5G yang Memiliki Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2Tetap Menggunakan Teknologi Charging Signature: Inilah Kehadiran Varian 5G Infinix Note 40 Series di Indonesia

Kamu harus tahu bahwa layar HP tidak statis. Panel layar HP memperbarui (refresh) pixel secara berkala. Gerakan halus atau patah-patah pada layar HP bergantung pada kinerja prosesor HP. Kondisi ini dikenal sebagai refresh rate.

2. Apa perbedaan antara kecepatan refresh dan kecepatan sampling dengan sentuhan?

Selain refresh rate, HP masa kini terkenal menawarkan refresh rate dan touch sampling rate yang luar biasa. Misalnya, refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz! Meskipun keduanya sering dianggap sama, sebenarnya ini adalah dua vektor berbeda.

Tingkat sampling sentuhan, yang diukur dalam Hz dan disertakan dengan refresh rate, memberi tahu berapa kali layar HP mencari sentuhan jari per detik. Semakin tinggi tingkat sampling sentuhan, semakin sedikit jeda antara sentuhan dan respons layar. Ini sangat penting untuk permainan yang membutuhkan respons layar cepat!

3. Refresh rate yang lebih tinggi menghasilkan latensi yang lebih rendah!

Semakin cepat pixel diperbarui, semakin tinggi refresh rate. Selain itu, ini berarti tingkat latensi yang rendah. Refresh rate 120 Hz hanya 8,3 ms, sedangkan 60 Hz membutuhkan 16,6 milisekon (ms). Dengan kata lain, kecepatan refresh adalah komponen utama dalam mencegah latensi pada monitor HP.

Perlu diketahui bahwa layar smartphone tidak merefresh secara instan. Ini adalah alasan mengapa layar HP terlihat berkelip ketika kita merekamnya dalam slow motion. Setiap baris horizontal pixel diperbarui secara bertahap sampai seluruh layar diperbarui sesuai kebutuhan. Meskipun tampilan terus disegarkan, butuh waktu untuk menyelesaikan satu siklus.

4. Peningkatan kecepatan refresh untuk browsing?

Refresh rate memungkinkan aktivitas sederhana, seperti menggeser layar saat mengecek email atau media sosial, berjalan dengan lebih cepat. Apakah kecepatan refresh tinggi penting untuk penggunaan sehari-hari?

Banyak konten video yang memiliki 24 frame-per-second (fps) atau 24 Hz dapat meningkat menjadi 60 fps atau 60 Hz jika kamu sering streaming. Akibatnya, pemrosesan tampilan pada layar harus entah membuat perubahan pada fps dengan konten atau meningkatkan atau meningkatkan konten ke refresh rate yang sudah ditetapkan.

Baca Juga:Masing-masing Bodi Memiliki Stuktur yang Kuat: Inilah 3 Alternatif Vivo V30e 5G HP dengan Chipset Serupa

Meskipun ini bagus untuk layar dengan refresh rate 120 Hz, kamu harus bekerja lebih keras untuk memastikan konten tampil mulus. Pemrosesan layar yang buruk dapat menyebabkan konten di layar menjadi buram atau tidak mulus.

5. Bagaimana refresh rate berdampak pada game mobile?

Untuk game mobile, refresh rate yang tinggi sangat penting. Fps yang tinggi dan waktu respons tampilan yang cepat berarti latensi rendah dan gameplay yang lancar, yang sangat penting untuk kemenangan! Saat ini, layar smartphone memiliki kemampuan mendongkrak 120 Hz.

Sayangnya, kecepatan refresh yang tinggi untuk tampilan mulus malah mengurangi ketahanan baterai. Tidak seperti 60 Hz dan 90 Hz, tampilan 120 Hz membutuhkan lebih banyak baterai.

Meskipun model smartphone saat ini memiliki mode adaptasi untuk kecepatan refresh, dampak pada baterai tetap ada. Oleh karena itu, untuk menghemat baterai, layar smartphone entry dan kelas menengah biasanya hanya memiliki 60–90 Hz.

6. Layar LTPO, tujuan baru untuk kecepatan refresh dan baterai HP?

Dengan refresh rate tinggi, layar HP konvensional seperti IPS LCD menghabiskan baterai dalam waktu singkat. Sebaliknya, tampilan HP dapat menggunakan polykristalin oksida dengan suhu rendah (LTPO), teknologi layar terbaru yang diharapkan dapat mempertahankan refresh rate dan baterai sekaligus.

Samsung Galaxy S24 Ultra adalah salah satu HP Android yang memiliki teknologi layar LTPO, yang memungkinkan pengaturan refresh rate tanpa memerlukan perangkat keras tambahan di antara GPU dan pengontrol tampilan layar.

Namun, sebagian besar HP Android flagship masih menggunakan TFT dan low-temperature polycrystalline silicon (LTPS). LTPS tidak sebanding dengan LTPO, meskipun harganya 20-30 persen lebih murah daripada IPS LCD!

Dalam kombinasi LTPS dan TFT, TFT IGZO menggerakkan layar, sementara LTPS dan TFT menangani pertukaran sirkuit. Akibatnya, tampilan dan refresh rate jauh lebih efisien.

Namun, alasan mengapa kami belum menyaksikan ini pada iPhone yang tidak memiliki kemampuan untuk menampilkan refresh rate 120 Hz? TFT IGZO lebih besar dari TFT LTPS, sehingga tidak dapat dimasukkan ke dalam layar. Ini berarti bahwa ketajaman layar akan berkurang karena tampilan seperti itu menggunakan TFT untuk setiap pixel.

Paten LTPO pertama kali digunakan pada Apple Watch 5. Agar tidak melanggar paten, Samsung akhirnya mengembangkan hybrid oxide dan polycrystalline silicon, juga dikenal sebagai HOP, teknologi layar yang menggabungkan LTPO dengan TFT oxide. Koleksi Samsung Galaxy Note20 Ultra tertinggi menunjukkan hasilnya.

Bahkan Samsung Galaxy S21 memiliki teknologi LTPO, yang mengurangi konsumsi baterai layar OLED hingga 16 persen! Dengan layar 6,8 inci beresolusi 3200 x 1400 dan tingkat kecerahan 1,300 nits, peranti ini tetap hemat baterai!

Sementara Apple bekerja sama dengan Samsung untuk memasang layar pada perangkat, kita dapat mengantisipasi bahwa Apple akan memasukkan refresh rate yang tinggi ke dalam iPhone 13 yang diperkirakan akan dirilis tahun ini, sehingga layarnya dapat tetap bersaing. Tunggu tanggal main!

7. Haruskah saya membeli smartphone dengan kecepatan refresh tinggi?

Meskipun pasar HP semakin beragam, refresh rate 90-120 Hz bahkan tersedia di HP mid-range. Namun, meskipun refresh rate penting, ini bukanlah kriteria utama dalam memilih smartphone. Dalam hal tampilan, faktor-faktor seperti warna, kecerahan, kontras, dan resolusi memengaruhi kinerja layar.

Itu adalah informasi yang diperlukan tentang refresh rate pada smartphone modern. Refresh rate yang lebih tinggi meningkatkan kepuasan pengguna. Namun, kecepatan refresh adalah faktor lain yang menyebabkan baterai cepat habis. Apakah refresh rate tinggi diperlukan?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masalah memilih kecepatan pemulihan bergantung pada kebutuhan. Apakah kamu ingin menjadi atlet e-sports di industri game mobile? Oleh karena itu, refresh rate tinggi diperlukan. Namun, apa yang terjadi jika kamu hanya menggunakan HP untuk aktivitas media sosial dan browsing web biasa? Pertimbangkan kembali.

0 Komentar