Beragama Manfaat Oregano bagi Kesehatan – Kamu Haru Mencobanya

manfaat oregano
manfaat oregano/www.alodokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Manfaat kesehatan oregano dapat diperoleh karena kandungan nutrisinya yang beragam. Meskipun hampir tidak mengandung kalori, oregano kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalium, yang semuanya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat oregano bagi kesehatan:

1. Meredakan flu dan batuk

Oregano diyakini dapat membantu meredakan flu dan batuk, meskipun perlu penelitian lebih lanjut. Anda bisa meneteskan minyak oregano atau menambahkan oregano kering ke dalam mangkuk berisi air hangat, lalu menghirup uapnya untuk mendapatkan manfaat ini.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Penelitian klinis menunjukkan bahwa mengonsumsi oregano setelah makan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada penderita kolesterol tinggi, yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga:Tubuhmu Membutuhkan Ini! Inilah Manfaat Suplemen yang Harus DiketahuiKamu Harus Tahu Manfaat Singkong Rebus yang Jarang Orang Tahu

3. Melawan bakteri penyebab infeksi

Oregano mengandung senyawa aktif carvacrol dan thymol, yang memiliki kemampuan melawan bakteri. Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial oregano dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi seperti Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Streptococcus aureus, meskipun manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

4. Membunuh parasit di usus

Riset menunjukkan bahwa konsumsi minyak oregano selama 6 minggu dapat mengurangi parasit di dalam usus, seperti Blastocystis hominis, Entamoeba hartmanni, dan Endolimax nana, yang dapat menyebabkan diare, meskipun perlu kajian lebih lanjut.

5. Menangkal radikal bebas

Minyak esensial oregano kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan jaringan tubuh. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti oregano dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

6. Menyembuhkan luka operasi

Penelitian menunjukkan bahwa salep yang mengandung ekstrak oregano lebih efektif dalam menyembuhkan luka operasi dibandingkan petroleum jelly, meskipun efektivitas oregano dalam hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Untuk memanfaatkan oregano, Anda bisa mencampurkan minyak atau daun oregano kering ke dalam masakan. Untuk menyembuhkan luka, minyak oregano bisa dioleskan ke kulit setelah dicampur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Nah, itu dia informasi untuk anda.

 

0 Komentar