Kuliner Khas Makassar: Keanekaragaman Sajian yang Menggugah Selera

kuliner khas makassar
Kuliner Khas Makassar (Wonderful Indonesia)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ketika sedang singgah di suatu daerah atau sedang berwisata di suatu daerah, mencicipi kuliner khasnya menjadi hal yang biasa dilakukan. Apalagi di Indonesia, di setiap daerah mempunyai kuliner khas yang tentunya juga mempunyai ciri dan cita rasa yang otentik.

Dari sekian banyak kuliner yang ada di Indonesia, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas Makassar. Ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini, mempunyai deretan kuliner yang nikmat dan menggugah selera. Mulai dari hidangan berat hingga hidangan dengan rasa manis bak makanan penutup.

Namun untungnya, kuliner khas Makassar tersebut, bisa ditemui di beberapa wilayah di Indonesia selain di Makassar. Di samping bisa dibuat sendiri di rumah, kuliner khas Makassar kini juga telah banyak dijual di berbagai wilayah di Indonesia.

Kuliner Khas Makassar

Berikut ini, macam-macam kuliner khas Makassar.

Baca Juga:Keindahan Tiada Banding di Sulawesi Tenggara: Nikmati Beragam Aktivitas Liburan Saat Wisata di WakatobiRuangan Terasa Panas Meskipun AC Sudah Menyala? Mungkin Ini yang Menjadi Penyebabnya!

1. Sop Konro

Sop konro merupakan hidangan yang terbuat dari daging sapi dan memiliki kuah yang berwarna gelap karena berasal dari keluak yang menjadi rempah utama dari makanan ini. Agar lebih nikmat, sop konro bisa disantap dengan nasi hangat dan berbagai lauk lainnya seperti perkedel, bakwan, sate usus, dan jeroan sapi.

2. Coto Makassar

Kemudian ada coto Makassar yang terbuat dari daging dengan tambahan dari jeroan sapi seperti paru, babat, hati, usus, dan jantung. Semua bahan tersebut lalu diolah dengan menggunakan berbagai rempah dan kacang tanah giling kemudian disantap dengan ketupat atau buras serta sambal tauco. Proses masaknya pun unik, karena menggunakan kuali tanah bernama korong butta.

3. Jalangkote

Jika ingin makanan ringan, maka bisa mencari jalangkote. Makanan ini sekilas mirip dengan pastel. Apalagi isiannya yang menggunakan soun, kentang, wortel, dan touge. Namun, untuk jalangkote, menggunakan kulit yang lebih tipis dari pastel dan disajikan dengan sambal yang terbuat dari cuka, bawang putih, dan juga cabai.

4. Pisang Epe

Pisang epe merupakan camilan manis yang terbuat dari pisang kepok atau pisang raja. Dipanggang di atas bara api hingga setengah matang, lalu dipipihkan dan dibakar lagi hingga matang sempurna kemudian disajikan dengan berbagai topping.

5. Es Pisang Ijo

Tak lengkap rasanya jika belum mengonsumsi es pisang ijo. Sajian segar dari Makassar ini, mudah ditemui di berbagai tempat. Terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan hijau lalu diberi bubur sumsum dengan tambahan sirup pandan dan es batu.

6. Palu Butung

Hampir mirip dengan es pisang ijo, namun palu butung disajikan langsung tanpa menggunakan adonan kue yang membungkus pisang. Selain bisa disajikan dengan tambahan es, palu butung juga bisa disantap hangat.

7. Burasa

Burasa atau buras merupakan kuliner khas Makassar berupa lontong yang terbuat dari beras dan santan, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Bentuknya agak pipih serta tidak lonjong, dan rasanya gurih asin.

0 Komentar