Kenali Bahaya Menjadi Perokok Pasif !! Tidak Merokok Bukan Berarti Aman

bahaya menjadi perokok pasif
bahaya menjadi perokok pasif/www.alodokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Asap rokok mengandung sekitar 7.000 zat kimia beracun, termasuk karbon monoksida, hidrogen sianida, dan benzena. Paparan berkelanjutan terhadap asap rokok dapat merusak sel dan jaringan tubuh serta menimbulkan masalah kesehatan bagi siapa pun yang menghirupnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa asap rokok telah menyebabkan setidaknya 8 juta kematian, dengan 1,2 juta di antaranya terjadi pada perokok pasif.

Efek Negatif Asap Rokok pada Perokok Pasif

Konsekuensi dari paparan asap rokok bervariasi tergantung pada usia dan kondisi individu yang terkena dampaknya. Berikut adalah penjelasannya:

Baca Juga:Manfaat Sereh Untuk Kesehatan : Ternyata Tidak Hanya Dijadikan Bumbu Masakan Saja GuysFakta Menarik ! Ternyata Ini Dia Penyebab Ngantuk Habis Makan

Dampak pada Orang Dewasa

Terpapar asap rokok secara teratur dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru dan berbagai penyakit serius lainnya, seperti tekanan darah tinggi, aterosklerosis, penyakit jantung koroner, stroke, dan serangan jantung.

Dampak pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang terpapar asap rokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi seperti keguguran, kelahiran prematur, atau bayi dengan berat badan rendah. Zat-zat beracun dalam asap rokok, seperti nikotin dan karbon monoksida, dapat merusak janin karena diserap oleh aliran darah.

Dampak pada Anak-Anak

Bayi dan anak-anak yang sering terpapar asap rokok berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti asma, infeksi telinga tengah, ISPA, pneumonia, bronkitis, alergi, meningitis, dan sindrom kematian bayi mendadak. Paparan asap rokok juga dapat menghambat perkembangan otak dan kemampuan kognitif anak.

Selain berdampak pada kesehatan, anak-anak yang menjadi perokok pasif dapat meniru kebiasaan buruk orang dewasa dan berisiko menjadi perokok di masa dewasa mereka.

Untuk menghindari paparan asap rokok, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Mengingatkan secara sopan jika melihat orang merokok di tempat umum.
  2. Menghindari area di mana banyak perokok berkumpul dan mencari tempat yang memiliki udara segar.
  3. Melarang merokok di dalam rumah agar anggota keluarga yang tidak merokok terlindungi.
  4. Memilih area bebas asap rokok saat berada di tempat umum seperti restoran, kafe, atau kantor.
  5. Menggunakan masker saat berada di luar rumah untuk mengurangi paparan asap rokok.
0 Komentar