.

Tradisi Unik Musim Haji di Desa Kreyo Kabupaten Cirebon, Gentong Air Diletakan Di Halaman Rumah

radarcirebon.tv – Sebagian masyarakat Kabupaten Cirebon yang berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji masih melakukan tradisi khas Cirebon. Seperti yang dilakukan keluarga Karyono warga Desa Kreyo, Kecatamatan Klangenan Kabupaten Cirebon yang sengaja memasang gentong yang berisi air bersih untuk diletakan di depan halaman rumah atau untuk melengkapi tradisi haji yang sudah melekat di sebagian warga Cirebon.

Diletakkannya gentong air bersih tersebut tak lain untuk warga sekitar atau yang tengah melintas di halaman rumah calon haji tersebut, mereka yang melintas dapat menikmati kesegaran air putih yang berada di dalam gentong ini.

Tradisi menaruh gentong berisi air bersih ini di percaya masyarakat dapat mengikuti jejak sang pemilik rumah yakni untuk menunaikan ibadah haji. Gentong air haji ini sedianya akan terus diisi sejak Karyono berangkat ke tanah suci hingga 40 hari mendatang. (Aming)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

× Hubungi Marketing