.

Liburan ke Cirebon? 5 Menu Sarapan Ini Patut Dicoba

CIREBON – Bagi anda yang punya rencana untuk berakhir pecan di Kota/Kabupaten Cirebon, tidak ada salahnya untuk mencoba 5 menu sarapan khas Cirebon. Apa saja ke 5 menu sarapan tersebut, berikut ini daftar menunya:

1. SEGA JAMBLANG

Sega Jamblang (Nasi Jamblang) adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Menu yang tersedia biasanya antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe.

Namun salah satu menu yang menjadi ikon dari sega jamblang adalah balakutak hideung, yaitu cumi-cumi atau sotong berkuah kental yang dimasak bersama dengan tintanya sehingga berwarna hitam seperti rawon.

Bila anda berkunjung ke wilayah Cirebon, sangat banyak ditemui pedagang yang menjajakan nasi jambang baik yang pedagang kaki lima maupun yang membuka usahanya di ruko.

 

2. NASI LENGKO

Di Cirebon,  tidak hanya akan menemukan nasi kuning dan uduk saja. Di waktu sarapan, banyak dari warganya yang menjajakan nasi lengko. Proses pembuatannya sangat mudah. Bahan yang dipakai pun seluruhnya mengandung protein nabati. Cocok bagi kamu yang vegetarian.

Nasi putih diberi potongan dadu tahu, tempe, dan mentimun. Tidak lupa untuk taburkan tauge serta daun kucai. Lalu, siram dengan sambal kacang dan beri sedikit kecap. Nasi lengko terasa lebih nikmat jika ditambahkan bawang goreng, sambal, dan juga kerupuk.

 

3. BUBUR SOP AYAM

Bubur ini merupakan kuliner khas Cirebon. Bedanya, bubur sop menggunakan kuah kaldu dan kedelai. Lalu, tidak hanya ayam dan kacang. Bahan pelengkap lain seperti bihun, tomat dan kol juga ditambahkan.

Selain sedap, bubur sop ayam juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih fit. Banyak warganya yang menyantap ini untuk sarapan saat imun tengah lemah.

 

4. SERABI

Jika  tipe yang tidak bisa makan banyak saat sarapan, menu satu ini bisa dijadikan alternatif. Serabi di Cirebon lebih dikenal dengan rasanya yang gurih. Mulai dari original, telur, tauco, hingga oncom.

Adonannya sendiri terbuat dari tepung beras dan parutan kelapa. Lalu, dimasak pada cetakan khusus di atas tungku.

Untuk teman makan, kebanyakan masyarakat Cirebon menyantapnya bersama tempe kering.  Menu sarapan satu ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat.

 

5. DOCANG

Selain bubur sop, kesegaran di pagi hari juga bisa kamu dapatkan dengan docang. Bagi yang belum tahu, menu ini juga merupakan makanan khas Cirebon. Semua bahannya menggunakan sayur-sayuran.

Lontong dipotong kecil-kecil, dicampur dengan daun singkong atau pepaya, tauge, serta parutan kelapa. Kemudian, siram dengan kuah oncom hangat. Terakhir, tambahkan kerupuk khas docang. Nah, untuk rasanya sendiri sedikit pedas dan gurih.

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

× Hubungi Marketing