10 Keju Termahal Di Dunia

keju termahal di dunia
0 Komentar

Siapa yang tidak mengenal keju ? Makanan yang memiliki rasa asin serta tekstur yang lembut ini sering kita jumpai sebagai bahan tambahan makanan lainnya. Martabak, Pizza, Burger dan Sandwich adalah beberapa contoh makanan yang menggunakan keju.

Makanan yang kaya akan protein ini memiliki jenis yang beragam, mulai dari yang populer di Indonesia seperti keju Cheddar dan Mozarella hingga yang sulit dijumpai.

Harga keju di pasaran pun sangat beragam, mulai dari yang berharga puluhan ribu seperti keju Cheddar Kraft yang umum kita jumpai di Alfamart dan Indomaret, hingga keju yang memiliki harga belasan juta rupiah.

Baca Juga:10 Buah Asli Indonesia Yang Dianggap Paling Eksotis Di Dunia5 Kereta Api Tercepat Di Dunia, Salah Satunya ada di Indonesia

Keju Pule menempati posisi teratas dalam daftar keju termahal di dunia. Keju ini terbuat dari susu keledai balkan yang berada di wilayah Zasavica, Serbia. Harga 1 pound ( 0,45 Kg ) keju Pule ini bisa mencapai 8 juta rupiah.

Keju Pule tidak sendirian dalam daftar ini, masih ada 9 keju lainnya yang tergolong jenis keju langka dan berharga mahal, apa saja daftarnya ?

Daftar keju termahal di dunia

Pule

Dan ini dia keju paling mahal di dunia. Pule Cheese dibuat secara tradisional menggunakan bahan baku susu keledai Balkan yang digembalakan di wilayah Serbia.

Fakta menarik dari proses pembuatannya adalah untuk menghasilkan 1 kilogram keju Pule diperlukan 25 liter susu keledai balkan.

Harganya yang mencapai 13 juta rupiah untuk satu kilogramnya sebanding dengan proses pembuatannya yang sulit.

Keju pule yang memiliki warna putih susu dengan tekstur yang rapuh ini tergolong jenis keju yang langka dan hanya diproduksi oleh 1 produsen keju bernama Simic Farm.

White Stilton Gold

White Stilton Gold dibuat oleh produsen keju Long Clawson Dairy yang beroperasi di wilayah Leicestershire, Inggris.

Baca Juga:5 Kafe Tertua Di Dunia, Ada Yang Sudah Berdiri Sejak Tahun 1686Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

Perusahaan yang mendapatkan penghargaan 100 year old British cheese maker ini dikenal sebagai pembuat keju berkualitas premium di dunia.

Yang membuat keju White Stilton Gold ini unik adalah adanya taburan emas asli di dalamnya dan khusus dibuat untuk kalangan tertentu saja.

Keju yang memiliki rasa sangat lezat ini memiliki harga 150 ribu rupiah per 100 gramnya.

Wyke Farms Vintage Cheddar

Wyke Farms Vintage Cheddar merupakan keju cheddar terbaik dan berkualitas tinggi yang diproduksi oleh Wyke Farms yang berlokasi di wilayah Somerset, Inggris.

Keju berjenis cheddar ini dibuat dengan resep turun temurun yang sudah ada sejak tahun 1861.

Bahan baku pembuatan keju ini menggunakan susu segar yang berasal dari sapi yang digembalakan secara bebas di wilayah Somerset.

Bitto

Keju Bitto dibuat dengan cara tradisional menggunakan bahan dasar susu sapi full krim yang dicampur dengan sedikit susu domba dengan persentase antara 5 hingga 20 persen untuk menambah kegurihan rasanya.

Untuk menjaga keasliannya, proses produksi keju ini hanya dilakukan di beberapa lokasi yang berada di wilayah lembah Bitto, Lombardia dengan pengawasan yang ketat.

Proses pematangan keju ini bisa memakan waktu 10 tahun lebih, dan keju tertua yang tersimpan di gudang penyimpanan ada yang berasal dari tahun 1996.

Untuk harganya, keju yang bertekstur agak keras dan rapuh serta memiliki warna kekuningan ini dijual dengan harga 4,5 juta rupiah.

Cave Aged Old Ford

Old Ford Cheese terbuat dari susu kambing yang tidak melalui proses Pasteurisasi. Keju ini di produksi oleh pembuat keju terkenal Mary Holbrook yang berasal dari Sleight Farm, Inggris.

Ciri khas keju yang pernah memenangkan penghargaan sebagai Best British Cheese pada pagelaran World Cheese Award 2016 ini adalah teksturnya yang padat dengan aroma susu kambing yang segar.

Untuk mendapatkan karakteristik keju Old Ford yang sempurna, keju yamg telah dibuat ditempatkan dalam gua penyimpanan selama 8 bulan pada saat musim gugur.

Harga 1 kilogram keju ini bisa mencapai 1,55 juta rupiah.

Caciocavallo Podolico

Diproduksi di Irpinia yang terletak di wilayah Selatan Italia, Caciocavallo Podolico cheese terbuat dari susu mentah yang berasal dari jenis sapi langka Italia yang bernama Podolica.

Proses pembuatan keju Caciocavallo Podolico ini berlangsung selama musim musim semi hingga awal musim panas ketika rumput dan ilalang tumbuh subur.

Keju yang populer di wilayah Selatan Italia ini juga dikenal sebagai “Horse Cheese” meskipun tidak terbuat dari susu kuda.

Untuk 1 kilogramnya, keju ini dijual dengan harga 1,5 juta rupiah.

Jersey Blue

Jersey Blue cheese dibuat oleh seorang pembuat keju asal Swiss yang bernama Willi Schmid.

Untuk menghasilkan keju yang berkualitas tinggi, Will Schmid secara langsung mencicipi susu yang akan dia gunakan dalam proses pembuatan keju. Hal ini bertujuan untuk memilih susu yang layak untuk dijadikan keju.

Dalam membuat keju Jersey Blue ini, Will Schmid selalu menggunakan susu sapi yang dia peroleh dari peternak sapi perah lokal yang ada diwilayahnya.

Setelah keju selesai dibuat, keju tersebut kemudian disimpan ruang penyimpanan keju bawah tanah hingga matang dan siap dipasarkan.

Keju yang memiliki tekstur permukaan sedikit lembut serta corak kebiruan ini bisa kamu beli dengan harga 1,4 juta untuk 1 kilogramnya.

Rogue River

Keju Rogue River diproduksi oleh peternakan Rogue Creamery yang terletak di kota Central Point Amerika Serikat.

Ciri khas keju ini adalah bungkusnya yang terbuat daun anggur yang diikat menggunakan tali rafia dan direndam didalam tong yang berisi brendi buah pir.

Keju dengan ciri khas tekstur yang tegas ini berasal dari susu sapi yang telah melalui proses pasteurisasi, dan dibuat hanya pada saat musim gugur ketika sapi memproduksi banyak susu yang berkualitas.

Fakta menarik dari keju ini adalah pernah memenangkan predikat sebagai The Best Blue Cheese In The World pada tahun 2003 pada gelaran World Cheese Award yang diadakan di kota London.

Dan untuk harganya sendiri, keju yang mendapat gelar keju biru terbaik di dunia ini dihargai sebesar 1,2 juta rupiah perkilogramnya

Winnimere

Fakta unik dari Winnimere cheese adalah keju ini hanya diproduksi selama musim dingin ketika sapi Ayrshire yang digembalakan dan diberi makan jerami di peternakan Jasper Hill memproduksi susu berkualitas tinggi.

Keju Winnimere dibuat secara handmade dengan dibungkus menggunakan lapisan kulit pohon dan dicuci menggunakan air garam selama proses pematangannya. Proses ini bertujuan untuk membantu perkembangan kulit keju.

Keju Winnimere yang bertekstur lembut serta berwarna gading ini bisa kamu beli dengan harga 924 ribu perkilogramnya.

Lord of the Hundreds

Lord of the Hundred cheese terbuat dari susu domba yang tidak melalui proses pasteurisasi. Keju ini diproduksi oleh Cliff & Julie Dyball dari perusahaan susu dan keju tradisional yang ada di kawasan East Sussex, Inggris.

Dikutip dari cheese.com, keju ini berbentuk kotak dengan tekstur yang tegas, kasar dan terbuka serta memiliki warna kuning keemasan.

Sebelum siap dipasarkan, keju ini mengalami proses penggosokan dan pembalikan setiap hari selama 6 hingga 8 bulan untuk mendapatkan kulit keju yang berwarna abu abu muda.

Untuk harganya, keju Lord of the Hundred ini memiliki harga 600 ribu rupiah per kilogram. radarcirebon.tv

0 Komentar