Asal Usul Telur Asin Dibuat

0 Komentar

Telur asin dikenal sebagai oleh-oleh khas dari Kabupaten Brebes. Namun banyak tidak tahu, kapan telur asin itu mulai dibuat. Ingin tahu? Berikut liputannya.

Jika anda ke Brebes, tentunya banyak berjejer toko-toko yang menjajahkan dagangan dengan telur asin, sebagai oleh-oleh. Tidak hanya itu, di Kabupaten Brebes sendiri banyak juga sentra-sentra pembuatan telur asin.

Budayawan pantura, Widjanarto, mengatakan, bahwa tidak ada  literatur yang menjelaskan secara pasti,  kapan industri telur asin berkembang di Brebes. Meski demikian, banyak yang menyebut jika industri telur asin ini dirintis pasangan suami istri keturunan Tionghoa bernama In Tjiauw Seng dan Tan Polan Nio di Kelurahan Brebes pada tahun 1959 silam.
Awalnya keduanya membuat telur asin karena melimpahnya produksi telur bebek pelari atau yang memiliki nama latin Anas Platyrhynchos Domesticus. Cangkang telur bebek pelari ini berwarna biru. Oleh karenanya, tak heran jika telur asin di Brebes berwarna biru.

Baca Juga:Sejuknya Bukit Lawang SaketengBumi Perkemahan Huludayeuh

Agar telur bebek pelari itu tidak mudah busuk dan terbuang. Menurut Widjanarto yang sekaligus menjabat sebagai Kabid Kebudayaan di Dinbudpar Brebes ini menyebut, telur-telur bebek itu, dibuat tahan lama , tapi juga bisa menghilangkan bau amis yang sangat kuat.

Maka terbesitlah ide untuk mengawetkan telur bebek itu dengan memberikan garam agar enzim perombak pada telur menjadi nonaktif meski disimpan dalam waktu cukup lama.

Awalnya pasangan keturunan Tionghoa itu memproduksi telur asin secara terbatas. Namun, seiring banyaknya permintaan mereka pun mempekerjakan warga lokal Brebes

Lambat laun banyak warga Brebes yang bisa membuat telur asin sendiri. Mereka pun akhirnya memproduksi dan menjual telur asin sendiri hingga brebes pun identik dan terkenal dengan penghasil telur asin.

Saking banyaknya yang berjualan, tak heran jika telur asin yang diproduksi dari bebek menjadi ciri khas atau identik dengan Brebes. Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2021 lalu, sempat menetapkan telur asin brebes sebagai warisan budaya tak benda atau WBTB.

0 Komentar