Penuh Cerita Mistis, Inilah Sejarah Singkat Didirikannya Pabrik Gula Gempol

pabrik gula gempol
Pabrik Gula Gempol saat ini hanya menyiskan sejumlah bangunan
0 Komentar

Pabrik Gula Gempol saat ini hanya menyiskan sejumlah bangunan
Penuh Cerita Mistis, Inilah Sejarah Singkat Didirikannya Pabrik Gula Gempol

Penuh Cerita Mistis, Inilah Sejarah Singkat Didirikannya Pabrik Gula Gempol

RADARCIREBON.TV – Sejak jaman belandam kabupaten Cirebon memiliki sejumlah pabrik gula. Hingga saat ini, masih ada yang bertahan maupun yang sudah tutup. Salah satu pabrik gula yang sudah tutup yakni pabrik gula gempol.

Kawasan Pabrik Gula Gempol berdiri pada tahun 1847. Gedung pabrik yang bergaya kolonial tersebut, berdiri di bawah perusahaan NV Aments Suikerfabrieken milik Belanda.

Baca Juga:Wisata Alam Sumedang, 4 Lokasi Ini yang Bisa Kalian Pilih untuk Mengisi LiburanPartai Demokrat Anggap Rencana Jokowi Impor Beras Tidak Tepat

Pabrik ini berdiri karena pada saat itu, komoditas tebu di wilayah Cirebon sedang tinggi-tingginya. Lahan pada sekitar pabrik pun banyak tanaman tebu yang mengelilinya.

Setelah kemerdekaan, pabrik ini berpindah tangan kepada Indonesia, dan berubah menjadi Pabrik Gula Gempol, yang merupakan salah satu unit operasional pabrik gula PT PG Rajawali II sekitar tahun 1942.

Pabrik ini akhirnya mulai berhenti beroperasi dan tutup pada tahun 1996. Kondisinya pun semakin tak terurus dan terbengkalai, dengan semak belukar yang tumbuh di mana-mana. Beberapa bangunan pun ada yang sudah runtuh membuat suasana angker semakin nyata.

Menengok keberadaannya yang kini telah jadi puing dan reruntuhan yang berserak di lokasi, ternyata pabrik gula Gempol saat dulu menyimpan kisah bagi masyarakat sekitarnya.

Jadi Tempat Mistis

Kisah tersebut menjadi tradisi tutur yang mudah kita gali lewat cerita. Hingga hari ini, banyak cerita yang beredar di kalangan masyarakat cirebon tentang keangkeran Pabrik Gula Gempol.

Bahkan karena banyak yak menganggap angker, eks bangunan pabrik gula ini sering menjadi tempat uji nyali sebuah program televsi. Bahkan saat ini dengan maraknya konten creator youtube, tak sedikit youtber yang membuat konten tentang bekas bangunan pabrik gula gempol.

Padahal dengan memiliki nilai sejarah yang cukup panjang keberadaan pabrik gula gempol, sangat sayang jika pada akhirnya bangunan pabrik gula ini rusak dan hancur begitu saja.

Baca Juga:5 Wisata Kuliner Subang yang Menggungah Selera dan Wajib Kalian DatangiOtoritas IKN Bukan Lowongan untuk PPNP, Ini Daftar dan Syaratnya yang Kalian Harus Tahu

Meskipun sudah tidak beroperasi, seharusnya bangunan pabrik gula gempol masih tetap dipertahankan sebagai salah satu bangunan yang bisa masuk dalam kategori cagar budaya.

(Aulikha Fiony)

 

0 Komentar