10 Museum Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak Di Dunia

10 Museum Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak Di Dunia
0 Komentar

Terdapat sekitar 55 ribu museum di dunia ini yang tersebar di berbagai negara. Museum tersebut dibagi menjadi beberapa tipe seperti museum seni dan budaya, museum sejarah manusia, museum alam alam dan tipe museum lainnya.

Dari puluhan ribu museum yang ada, terdapat 10 museum terkenal di dunia dengan jumlah pengunjung terbanyak di dunia. 10 museum ini memiliki jumlah pengunjung hingga jutaan orang tiap tahunnya yang datang dari berbagai negara.

Beberapa alasan orang datang berkunjung ke museum adalah untuk melihat koleksi benda bernilai seni tinggi dan bersejarah yang dimiliki oleh museum tersebut.

Baca Juga:5 Masjid Terbesar Dari Berbagai Negara di Dunia10 Teh Termahal Di Dunia, Harga 1 Kilogramnya Mencapai 18 Miliar Rupiah

louvre.fr
10 Museum Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak Di Dunia

Daftar Museum Paling Banyak Dikunjungi di Dunia :

Museum Louvre, Prancis

Museum Louvre adalah museum dengan jumlah pengunjung terbanyak di dunia dengan total kunjungan mencapai 2,7 juta orang di tahun 2020.

Selain sebagai museum yang paling banyak dikunjungi wisatawan, Louvre juga terkenal sebagai museum seni terbesar di dunia.

Pada tahun 2020 terdapat sekitar 38.000 koleksi benda seni dari zaman prasejarah hingga abad 21 yang dipamerkan di museum Louvre ini.

Salah satu koleksi seni paling terkenal di dunia yang dipamerkan oleh museum Louvre adalah lukisan Mona Lisa yang dilukis oleh Leonardo da Vinci.

Museum Nasional China, China

Dengan jumlah pengunjung mencapai 1,6 juta orang di tahun 2020, museum Nasional China menempati posisi ke 1 sebagai museum dengan jumlah pengunjung terbanyak di China, dan terbanyak ke 2 di dunia.

Sebagai museum terbesar di China, museum Nasional China memiliki 1.050.000 koleksi benda seni yang sangat langka dan memiliki nilai sejarah tinggi.

Koleksi benda seni yang dimiliki oleh museum Nasional China diantaranya berasal dari masa manusia Yuanmou sekitar 1,7 juta tahun yang lalu hingga masa dinasti Qing yang merupakan dinasti terakhir di China.

Baca Juga:10 Festival Paling Unik Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia10 Foto Termahal Di Dunia Yang Pernah Terjual Dengan Harga Puluhan Milyar Rupiah

Salah satu koleksi seni paling terkenal dan paling penting yang dimiliki oleh museum Nasional China adalah Simuwu Ding yang merupakan sebuah benda perunggu terberat di dunia ( 832,84 kg ) peninggalan dinasti Shang.

Museum Vatican, Italia

Sebagai museum paling bersejarah yang ada di Roma Italia, museum Vatican banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Tidak kurang dari 1,3 juta pengunjung di tahun 2020 datang ke museum Vatican ini untuk melihat berbagai koleksi benda seni bersejarah yang dimiliki oleh museum ini.

Saat ini ( tahun 2020 ) terdapat kurang lebih 70 ribu koleksi benda seni yang dimiliki oleh museum Vatikan ini dan 20 ribu diantaranya dipamerkan kepada umum.

Berikut ini daftar yang harus kamu lihat ketika mengunjungi museum Vatikan :

  • Tangga Spiral
  • Galeri lukisan The Pinacoteca
  • Lukisan Raphael’s Transfiguration
  • Bola perunggu The Pinecone Courtyard
  • Museum Yunani kuno dan patung Romawi The Pio-Clementine
  • Patung Laocoon
  • Ruangan Rotunda
  • Aula Permadani
  • Aula Peta
  • Apartemen Kepausan

Museum Seni Metropolitan, Amerika

Berlokasi di kota New York Amrika, museum seni Metropolis menempati peringkat ke 4 dalam daftar museum dengan pengunjung terbanyak di dunia.

Sejak didirikan pada tahun 1870 museum seni Metropolis telah menyimpan lebih dari 2 juta karya seni yang terbagi kedalam 17 departemen kuratorial.

Sebagai museum seni terbesar di Amerika, museum seni Metropolis telah dikunjungi lebih dari 1,1 juta pengunjung di tahun 2020 lalu.

Beberapa koleksi benda seni terkenal yang dipamerkan di museum seni Metropolis diantaranya Benin ivory mask, patung Buddha abad ke 7 Akota Bronzes, dan juga patung William the Hippopotamus.

Museum Inggris, Inggris

Museum Inggris adalah sebuah lembaga yang mendedikasikan dirinya untuk kepentingan dan kemajuan sejarah, seni dan budaya manusia.

Pada tahun 2020 diperkirakan terdapat sekitar 1,2 juta pengunjung datang dari berbagai negara untuk melihat berbagai macam koleksi seni yang ada di museum Inggris.

Museum yang sudah ada sejak tahun 1753 ini diperkirakan memiliki koleksi benda seni sebanyak 8 juta buah yang di dapat dari seluruh dunia.

Dari sekian banyaknya koleksi yang dimiliki oleh museum Inggris, berikut ini 5 koleksi paling terkenalnya :

  • The Rosetta Stone, Mesir
  • Parthenon Sculptures, Yunani
  • Bust of Ramesses the Great, Mesir
  • The Ife head, Nigeria
  • Hoa Hakananai’a, Pulau Paskah

Museum Tate Modern, Inggris

Peringkat ke 6 ditempati oleh museum Tate Modern. Museum seni yang berlokasi di London Inggris ini berhasil mendatangkan pengunjung sebanyak 1,4 juta orang pada tahun 2020.

Meskipun baru didirikan pada tahun 2000, Tate Modern berhasik menjadi salah satu museum seni modern dan kontenporer terbesar di dunia.

Untuk koleksinya sendiri, museum Tate Modern memiliki berbagai koleksi karya seni modern dan kontemporer internasional yang berasal dari tahun 1900 hingga masa kini.

Museum Galeri Nasional, Inggris

Galeri Nasional Inggris adalah sebuah museum milik pemerintahan Inggris yang berlokasi di kota London Inggris. Museum ini didirikan pada tahun 1824 dan kini telah berusia 197 tahun ( 2021 )

Di tahun 2020 museum Galeri Nasional telah menerima kunjungan sebanyak 1,1 juta orang. Jumlah kunjungan ini menurun drastis jika dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 6 juta orang.

Untuk menarik wisatawan, museum Galeri Nasional Inggris memiliki beberapa koleksi lukisan dari pelukis terkenal seperti The Virgin of the Rocks yang dilukis oleh Leonardo da Vinci dan juga The Arnolfini Portrait yang dilukis oleh Jan van Eyck.

Museum Sejarah Alam, Inggris

Sebagai museum alam terbesar di Inggris, museum Sejarah Alam memiliki 80 juta koleksi yang berasal dari berbagai kategori seperti botani, entomologi, mineralogi, paleontologi, dan zoologi.

Tidak kalah dengan museum seni, museum Sejarah Alam Inggris memiliki jumlah kunjungan wisatawan yang tidak sedikit, di tahun 2019 saja jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke museum ini berjumlah 5,4 juta orang.

Museum yang didirikan tahun 1881 ini, dibagi menjadi 4 zona galeri yaitu zona merah, zona hijau, zona biru, zona orange dan masing masing zona tersebut memiliki jenis koleksi yang berbeda beda.

Beberapa benda koleksi yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke museum Sejarah Alam Inggris diantaranya adalah :

  • Tulang ikan Paus bernama Hope
  • Meteorit besi Otumpa seberat 635 kg yang ditemukan tahun 1783
  • Nugget Latrobe, kristal emas kubik terbesar di dunia
  • Batu Ostro, Permata Topaz biru 9.381 karat seberat 2 kg

Museum Sejarah Alam, Amerika

American Museum of Natural History adalah museum sejarah alam terbesar di Amerika dengan total koleksi mencapai 34 juta benda berupa tumbuhan, hewan, fosil, mineral, batu, meteorit, sisa-sisa manusia, dan artefak budaya manusia.

Dengan jumlah koleksi mencapai puluhan juta tentu banyak mendatangnya wisatawan untuk berkunjung. Tercatat di tahun 2018 saja jumlah pengunjungnya mencapai 5 juta orang.

Museum alam dengan luas 190.000 meter persegi ini memiliki 6 aula utama yaitu :

  • Aula mamalia
  • Aula burung, reptil dan amfibi
  • Aula keanekaragaman hayati dan lingkungan
  • Aula asal usul dan budaya manusia
  • Aula ilmu bumi dan planet
  • Aula fosil

Salah satu daya tarik yang dimiliki museum Sejarah Alam AMerika ini adalah adanya berbagai macam diorama yang menggambarkan kehidupan hewan dimasa lalu.

State Hermitage Museum, Rusia

Di daftar terakhir museum dengan jumlah pengunjung terbanyak di dunia ini ditempati oleh State Hermitage Museum yang berlokasi di St Petersburg, Russia.

State Hermitage Museum didirikan pada tahun 1764 oleh Catherine the Great. Hingga sekarang museum seni dan budaya Rusia ini telah memiliki sekitar 3 juta benda koleksi.

Sebagai museum terbesar di Rusia, State Hermitage Museum memiliki jumlah pengunjung sebanyak 968 ribu orang di tahun 2020 yang lalu.

Museum dengan nama lain Winter Palace ini memiliki beberapa benda koleksi antik berupa Plakat emas rusa Krasnodar dari awal abad ke 6 SM, prasasti batu kapur seorang kepala pembuat tembikar dari abad ke 18 SM, lukisan Early Renaissance: Madonna Litta karya Leonardo da Vinci dan masih banyak koleksi lainnya. radarcirebon.tv

0 Komentar