Jalan Sukalila Selatan, Sentra Figura, Lukisan, dan Kaligrafi

0 Komentar

Jalan Sukalila Selatan Kota Cirebon menjadi sentra penjualan figura, lukiasn hingga kaligrafi. Sehingga masyarakat yang ingin membeli figura langsung datang ke lokasi ini.

Di Jalan Sukalila Selatan, Kelurahan Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon cukup banyak pedagang yang menjual berbagai macam figura. Karena banyaknya pilihan figura, lukisan serta kaligrafi, membuat Jalan Sukalila selatan menjadi tempat favorit masyarakat untuk membeli figura.

Banyak masyarakat yang memesan pigura di sekitar jalan ini, mulai dari untuk hiasan rumah sampai untuk keperluan kantor. Salah satu penjual figura, Budi, mengatakan bahwa banyak kantor, serta rumah  sakit memesan pigura mencapai 50 pcs, sementara untuk hiasan rumah, minimal pemesanan 5 pcs.

Baca Juga:Masjid Merah Panjunan Masih Kokoh BerdiriPenataan Bantaran Kali Sukalila Diperlukan

Harga pigura bervariasi mulai dari harga 25 ribu sampai 500 ribu rupiah, tergantung dari permintaan konsumen. Untuk kaligrafi ukuran 60 x 120 bisa mencapai 600 ribu, lukisan bali berukuran 60 x 90 dijual dengan harga sekitar 500 ribu rupiah.

Bahan yang di pakai untuk pigura sudah menggunakan bahan fiber karena lebih praktis dan menyesuaikan perkembangan zaman. Sementara bahan untuk kaligrafi di pesan dari Semarang, Kudus, Pati, Jepara. Untuk lukisan di pesan dari Bandung dan Bali.

Para pedagang di daeran Jalan Sukalila Selatan ini mempunyai paguyuban yang bernama Paguyuban PKL Sukalila. Paguyuban ini bertujuan untuk saling mengeratkan persaudaraan para pedagang sekaligus.

Sementara itu, para penjual pigura ini mulai berjualan pada tahun 2000, dan buka pada pukul 7 pagi sampai jam 5 sore.

0 Komentar