5 Cara Perawatan Motor Yang Bisa Dilakukan Sendiri

motor
5 Cara Perawatan Motor Yang Bisa Dilakukan Sendiri/ foto: valvoline/
0 Komentar

5 Cara Perawatan Motor Yang Bisa Dilakukan Sendiri/foto: valvoline/
5 Cara Perawatan Motor Yang Bisa Dilakukan Sendiri

RADARCIREBON.TV – Motor adalah mesin yang relatif sederhana. Dibandingkan dengan mobil, sepeda motor memiliki dua roda yang lebih sedikit, elektronik yang jauh lebih sedikit, dan sebagainya.

Meski sederhana, perawatan sepeda motor masih menjadi salah satu hal di belakang kepala kita yang cenderung tak henti-hentinya mengganggu kita.

Kami takut akan kerusakan, kami takut akan biaya perbaikan yang besar, dan kami takut bahwa saat kami paling membutuhkan sepeda kami, sepeda itu mungkin tidak sesuai untuk kami.

Baca Juga:Produk Skincare Apakah Aman Untuk Ibu Hamil?4 Skincare Aman BPOM Terbukti Mencerahkan

Jadi untuk menjernihkan pikiran yang mengembara, kami memutuskan untuk menyusun panduan lengkap tentang perawatan sepeda motor.

Segala sesuatu yang mungkin perlu Anda ketahui dan ingat kembali saat pikiran tentang perawatan masih tertinggal di benak Anda mulai dari membersihkan rangka hingga menyelaraskan roda depan.

Jika Anda ingin melepaskan diri dari kecemasan berkendara dan kepemilikan, inilah semua yang perlu Anda ketahui agar sepeda motor Anda tetap sehat dan berjalan untuk kebutuhan dan kesenangan sehari-hari Anda.

  1. Ganti Oli

Agar mesin Anda tetap bekerja dengan baik, Anda perlu mengganti oli setelah beberapa ribu mil, periksa manual pemilik untuk mengetahui seberapa sering.

Untuk memulai, Anda pasti ingin mengendarai sepeda selama sekitar lima menit hanya untuk menghangatkannya.

Dengan mesin mati dan sepeda berdiri tegak, lepaskan sumbat penguras serta sumbat pengisian oli, biarkan oli keluar ke panci pembuangan. Juga, lepas filter oli.

Setelah oli terkuras, pasang filter oli baru, pasang kembali bagian yang telah Anda lepas, dan isi ulang menggunakan corong dan jumlah dan jenis oli sepeda motor yang tepat, seperti yang ditentukan dalam manual pemilik. Ganti tutup pengisian oli. Daur ulang oli bekas di toko sepeda atau fasilitas kota.

Baca Juga:Sadisss!! Intip Hp 2 Jutaan 2023 RAM Besar!Simak! Skincare Aman Remaja Untuk Kulit Berjerawat

Gunakan kompresor udara untuk mengisi ban motor hingga jumlah pound per inci persegi (PSI) yang tepat. Keluarkan udara jika Anda terlalu mengembang.

Ganti tutup batang katup setelah selesai. Untuk mengetahui kinerja tapak Anda, periksa indikator keausan ban kenop karet kecil yang berada di lekukan ban. Jika kenop berada pada tingkat karet yang sama dengan permukaan jalan, inilah waktunya untuk mengganti ban.

  1. Ganti Pendingin

Saat tiba waktunya untuk mengganti cairan pendingin, yang mencegah mesin Anda dari kepanasan atau beku dan berkarat. Lepaskan bodywork yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke baut penguras cairan pendingin, kemudian tempatkan panci penguras di bawah mesin dan lepaskan bautnya.

Untuk memastikan semuanya terkuras, lepas tutup radiator. Setelah proses selesai, pasang kembali baut pembuangan. Gunakan corong untuk mengisi ulang sistem dengan jumlah cairan pendingin yang sesuai.

Pasang kembali tutup radiator dan pasang kembali bodywork yang telah Anda lepas. Nyalakan mesin dan biarkan memanas selama beberapa menit sebelum memotong kunci kontak.

Setelah mesin dingin, lepas tutup radiator dan periksa level cairan pendingin. Tambahkan lebih banyak cairan pendingin, jika perlu, untuk mencapai jumlah yang ditentukan dalam manual pemilik.

Saat Anda melakukannya, angkat roda belakang sepeda Anda dan tempatkan transmisi pada posisi netral, yang memungkinkan pergerakan rantai yang mudah. Gunakan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan pasir dan kotoran dari rantai.

Untuk melumasi rantai, putar roda belakang saat Anda menggunakan pelumas rantai yang diformulasikan khusus. Biarkan rantai selama lima menit, lalu bersihkan sisa pelumas dengan tisu.***

Sumber: living.geico.com

0 Komentar