Empat Macam Intel Processor Masa Kini

0 Komentar

Prosesor atau CPU merupa kan salah satu perangkat keras utama dan memiliki peranan penting

dalam perangkat elektronik sejenis komputer dan turunan nya. Dapat di katakan, prosesor adalah

otak atau inti dari semua gerak-gerik nya komputer dengan berbagai perangkat lunak yang terpasang di dalam nya.

SUBJUDUL : JENIS APA AJA YANG ADA DI INTEL??

Salah satu produsen prosesor ternama saat ini adalah prosesor Intel.

Semenjak berdiri nya pada 1968 hingga saat ini, Intel telah mengembangkan banyak varian dan jenis prosesor yang canggih dan diperuntuk kan untuk berbagai komputer dan fungsi nya. Di mulai prosesor yang hemat daya, high-end, hingga prosesor multi-core 64-bit.

Dalam artikel kali ini  akan mengajak kamu untuk menyapa jenis-jenis prosesor Intel. Penasaran apa saja?

Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini !

Baca Juga:Kecanggihan Dan Kekurangan Dari Whasapp ModApasih Aplikasi Whatsapp Gb ??

1. Intel Core i3

                         CORE I3
Empat Macam Intel Processor Masa Kini

Prosesor Core i3 dapat juga sebagai kakak dari Core i5 dan Core i7 dengan kecepatan yang  jauh lebih kecil. Tidak heran maka prosesor yang dirilis pada 2008 ini termasuk sebagai prosesor tingkat dasar atau entry level. 

Di samping itu, penggunaan prosesor ini tidak memakan daya yang besar di banding jenis Core lainnya yang hanya membutuhkan daya 35 Watt.

Apa intel core i3 ?

Prosesor Intel Core i3 memiliki dua jenis arsitektur yaitu CPU 32-bit dan 64-bit, namun tergantung dari varian nya. Prosesor yang dilengkapi dengan socket LGA 1155 dan 1156 ini biasanya digunakan untuk kegiatan multi-tasking yang tidak terlalu banyak.

Laptop yang menggunakan prosesor ini dapat mengoperasikan perangkat lunak seperti Ms. Office dan games dengan lancar. Core yang dimiliki i3 pada PC/Laptop adalah dual core dengan Hyper Threading cukup oke untuk aktivitas yang banyak.

Prosesor Intel Core i5 adalah prosesor dengan tingkat kinerja menengah dalam varian Intel Core. Core ini bekerja pada dua arsitektur yaitu 64-bit dan 32-bit, tergantung varian nya. Core i5 rupanya memiliki fitur baru yaitu dengan menanamkan fungsi Northbridge atau dikenal dengan KIA pada motherboard.

Terdapat dua seri dalam Core i5, yang mempunyai dual core dan quan core. Untuk seri dual core yang memiliki teknologi Hyper Threading, sementara seri quan core memiliki range clockspeed dari rendah hingga tinggi dan fitur unlock yang dapat di overlock oleh pengguna agar dapat meningkatkan kinerja nya.

Core i5 sangat pas untuk kamu yang mampu bekerja secara multi-tasking, karena prosesor ini tetap akan berjalan cepat meski melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan. Prosesor ini dapat di andalkan dan performa nya yang baik saat menjalankan perangkat lunak dan bermain games.

Baca Juga:Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp Semua Jenis HPHarga Tiket Rute Kereta Api Sancaka, Dimulai dari Rp115 an ribu?

Dirilis 2008, Core i7 adalah prosesor komputer yang menggunakan Nehalem mikroarsitektur. Core i17 memiliki keahlian yang lebih hebat di bandingkan dua prosesor Core sebelumnya, seperti mampu membelah empat prosesor menjadi delapan potongan, dengan demikian proses kerja yang berat dapat di jalankan secara optimal.

Prosesor ini di kembangkan dengan menggunakan transistor bermaterial hafnium dioxide (high-k) dan bermetal gate, dengan fabrikasi 45nm. Intel Core i7 sejauh ini menjadi salah satu dari sejumlah prosesor buatan Intel yang di rancang dengan arsitektur yang baru disandingkan dengan generasi sebelum nya.

Dengan teknologi yang lebih maju tersebut menciptakan kinerja nya menjadi luar biasa dan membantu para penggunanya mengoperasikan beragam aktivitas dalam waktu bersamaan, seperti keperluan animasi, video editing, hingga 3D rendering. Sehingga jangan kaget, jika memilih laptop dengan prosesor Intel Core i7 maka harga untuk setiap satu unitnya bisa bikin kamu geleng-geleng kepala.

Pada 2017, Intel mengenalkan seri prosesor terbarunya yaitu Core i9.

Prosesor Intel ini di gadang telah melampaui kehebatan dari Intel Core i7 yang sudah eksis selama bertahun-tahun. Bukan tanpa sebab, Intel Core i9 telah di tanam dengan teknologi baru yaitu turbo boost di setiap chip-nya.

Melalui turbo boost ini maka kinerja akan di naikan level dengan cara meningkatkan frekuensi dalam core yang di perintahkan secara otomatis. Tidak hanya itu, Core i9 menciptakan penggunaan baterai yang dapat bekerja lebih optimal dan kemampuan koneksi internet lebih lancar.

 

0 Komentar