Melintasi Waktu Lewat Wisata Daerah Cirebon yang Bersejarah

Wisata Sejarah di daerah Cirebon
Wisata Sejarah di daerah Cirebon. foto: radarcirebon
0 Komentar

Wisata Sejarah di daerah Cirebon. foto: radarcirebon

RADARCIREBON.TV – Daerah Cirebon memang menyimpan begitu banyak cerita dan sejarah yang cukup panjang, termasuk di tempat wisata nya.

Wisata daerah Cirebon tersebar di beberapa wilayah yang bisa sobat kunjungi satu per satu.

Ada yang punya nilai sejarah sejak zaman kolonial, hingga punya nilai sejarah dalam pengaruh keagamaan di daerah Cirebon itu sendiri.

Baca Juga:Moro Purwokerto, Masih Eksis Meski Ada Mall Besar?Ada Apa Saja Ya di Rita Supermall Purwokerto?

Semua cerita-cerita tersebut terekam dalam suatu wadah dan tempat yang dapat kita saksikan dalam bentuk tempat wisata.

Lalu, apakah sobat bisa benar-benar melintasi waktu setelah berkunjung ke tempat wisata sejarah yang ada di daerah Cirebon ini?

Kota Tua Jamblang

Wisata kabupaten Cirebon yang bersejarah ini, merupakan desa wisata Kota Tua Jamblang yang bertempat di Desa Jamblang, Kabupaten Cirebon. Tepatnya di sebelah barat sekitar 10 km dari pusat kota Cirebon.

Salah satu keistimewaan di desa Jamblang adalah adanya keberadaan Vihara Dharma Rakhita yang berusia sama dengan pendirian Masjid Sang Cipta Rasa Keraton Kasepuhan Cirebon. Bahkan, salah satu batang yang jadi atap penyangga vihara ini berasal dari masjid kasepuhan tersebut.

Beragam potensi wisata yang berada di kota Tua Jamblang menjadikannya sebagai warisan budaya yang mesti dijaga masyarakat Cirebon. Apalagi jika mengingat sejarahnya, ada warisan benda yang masih ada hingga saat ini adalah aneka bangunan dengan nuansa Kolonial, Pecinan dan Jawa tersanding lengkap dalam satu kawasan.

Sobat bisa masuk ke sini, dan akan di kenakan tarif sebesar Rp. 15.000 per orang, dan untuk menikmati fasilitas lain seperti sepeda onthel kamu perlu biaya tambahan hanya sekitar Rp. 10.000.

Situs Hutan Kera Plangon

Tempat ini bisa di bilang salah satu yang juga cukup melegenda dan bersejarah di Kabupaten Cirebon. Lokasinya bertempat di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:Banyak Spot Instagramable! Ini Rekomendasi Wisata di Kabupaten MajalengkaInilah Rita Supermall Purwokerto, Terbesar dan Lengkap!

Luas dari kawasan ini sekitar 48 hektare, jika tampak dari luar saja, sobat sudah bisa melihat bahkan di sambangi kera asli tempat tersebut.

Di sini sobat tidak usah khawatir akan harga tiket, karena sobat hanya di kenakan kocek sekitar Rp. 3000 saja untuk bisa masuk dan menikmati suasana hutan yang di penuhi kera. Oiya, tempat ini sudah buka dari jam 8.00 WIB.

Keraton

Tempat bersejarah selanjutnya ialah keberadaan keraton yang ada di Cirebon. Setidaknya ada sekitar empat (4) keraton yang ada di Cirebon, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kaprabonan.

Yang paling tua di antara keempat Keraton tersebut ialah keberadaan dari Keraton Kasepuhan, di mana lokasinya berada di Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Di mana keraton tersebut telah di bangun sejak tahun 1529 oleh Pangeran Cakrabuana.

Kebanyakan, keraton yang ada, hingga saat ini merupakan sebuah kompleks bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga raja.

Meski begitu, keraton tersebut bisa sobat kunjungi dengan membayar tiket sesuai dengan kebijakan masing-masing tempat, ya.

Nah, itulah 3 rekomendasi wisata sejarah di daerah Cirebon yang memungkinan jadi melewati waktu secara tidak langsung.

Kalau sobat, mau pergi ke mana dulu jika berlibur ke tempat bersejarah di Cirebon?

0 Komentar