Cek di sini! Cara Buat Saroja Makanan Khas Ciamis

Saroja Khas Ciamis
Saroja Khas Ciamis (Resep Mamah Nizar)
0 Komentar

Saroja Khas Ciamis (Resep Mamah Nizar)

RADARCIREBON.TV – Saroja atau biasa dikenal dengan nama kembang goyang merupakan makanan khas Ciamis yang banyak disukai bermacam kalangan. Memiliki tekstur yang renyah dan manis ini mempunyai bentuk seperti bunga yang menarik.

Selain dijadikan cemilan untuk menemani secangkir teh saroja juga menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Ciamis. Seiring perkembangan zaman, mulai banyak inovasi baru untuk membuat saroja agar semakin banyak dinikmati. Namun, seroja khas Ciamis tetap setia dengan rasa yang sudah menjadi trademark saroja Ciamis. Saroja Ciamis tetap konsisten dengan rasa asin, gurih dan renyah pastinya membuat ketagihan.

Ternyata tidak sulit jika ingin membuat saroja sendiri. Untuk membuat saroja, berikut ini bahan, alat dan langkah-langkah yang harus dipersiapkan.

Alat yang digunakan :

– Cetakan berbentuk bunga

– Wajan

– 2 buah wadah

Bahan yang digunakan :

Baca Juga:4 Makanan Khas Ciamis ini Bikin KangenIni Dia, Kuliner Ciamis yang Legendaris

–  250 gr tepung terigu– 125 gr tepung Sagu– 1 butir telur– 50 gr mentega, di cairkan– 100 gr gula pasir– 1 bungkus santan cair– 1 gelas air– 1/4 sdt garam– 1 bungkus vanili– Pasta pandan secukupnya– Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Masukan telur ke dalam wadah, vinili, gula pasir, kemudian langsung di aduk terus hingga gula larut. Kemudian masukan tepung terigu dan tepung sagu.
  2. Selanjutnya tambahkan air, lalu kocok lagi sampai tidak ada gumpalan.
  3.  Setelah tidak ada gumpalan, kemudian masukan pasta pandan sedikit saja. 
  4.  Langkah selanjutnya yaitu siapkan wajan berisi minyak panas, kemudian celupkan cetakan ke dalam adonan yang sudah di buat.
  5. Setelah adonan sudah ada di dalam cetakan, selanjutnya masukkan cetakan yang sudah berisi adonan tadi ke dalam wajan yang telah berisi minyak panas.
  6. Tunggu beberapa saat, kemudian angkat sambil di goyang-goyangkan sampai adonan terlepas dari cetakan.
  7. Lakukan langkah yang sama sampai adonan habis
  8. Tunggu hingga adonan saroja matang, angkat lalu tiriskan.
  9. Saroja siap untuk disajikan.

Nah itulah langkah-langkah membuat saroja khas Ciamis, mudah bukan? Selamat mencoba!

0 Komentar