Ternyata Nasi Kuning Banyak Macamnya, Bahkan Sampai Luar Negeri, Apa Aja Ya?

0 Komentar

nasi kuning (tangkap layar YouTube Devina Hermawan)

RADARCIREBON.TV – Nasi kuning merupakan salah satu makanan yang kerap di jual sebagai menu sarapan. Ada juga yang menyajikannya ketika ada syukuran atau perayaan ulang tahun.

Rasanya pun enak, gurih, serta menggugah selera, membuat makanan ini menjadi favorit kebanyakan orang.

Namun apakah kamu tahu? Panganan yang satu ini ternyata banyak macamnya. Kira-kira apa saja, ya?

Baca Juga:Mampir Kebumen, Harus Cobain Nasi Goreng Enak Ini!AKTIF LAGI! Stasiun Jeruklegi Cilacap Siap Melayani Kembali

Cek infonya di sini

  • Nasi kuning Manado

Wujud dari makanan ini yaitu seperti di bungkus menggunakan kulit jagung. Namun bisa juga menggunakan daun kelapa.

Bedanya dengan yang sudah muncul pada umumnya, jenis yang ini di beri lauk seperti abon atau ikan cakalang, ubi atau kering talas, telur rebus, semur daging, serta taburan bawang goreng.

  • Nasi kuning Gorontalo

Untuk wujudnya, terlihat lebih terang dan di sajikan menggunakan wadah yang terbuat dari anyaman lidi. Selain itu juga mempunyai aroma yang tajam.

Untuk jenis yang di beri tambahan lauk seperti taburan abon, bawang goreng, telur rebus, ayam suwir, serta semangkuk sup soun atau ayam.

  • Nasi kuning Solo

Untuk jenis ini, tidak berbeda jauh dengan umumnya yang biasa di temukan di Jawa Barat.

Untuk pelengkapnya, di beri tambahan seperti ayam goreng, orek tempe, irisan telur dadar, perkedel, urap, dan sambal goreng kentang.

  • Nasi kuning Makassar

Jenis nomor dua, di sajikan dengan berbagai macam lauk yang di tambahkan ke dalamnya yaitu berupa sayur labu siam, sayur nangka, telur pindang, abon ikan, kentang kering, dan paru goreng.

Baca Juga:Ke Jogjakarta Dari Stasiun Cilacap, Cek Jadwalnya!Pilih Grand Cordela Hotel Kuningan Untuk Menginap Bersama Keluarga

  • Nasi kuning Banjar

Kemudian untuk jenis yang ini, di sajikan dengan berbagai tambahan lauk seperti ikan, ayam, ataupun telur rebus. Lauk yang di sajikan, telah di masak dengan menggunakan bumbu merah.

Lalu di beri tambahan ubi atau kering talas yang membuat makanan ini menjadi lebih nikmat.

  • Arroz Amarillo

Tidak cuma di Indonesia, di Spanyol juga punya punya, loh. Hampir sama seperti di Indonesia, di Spanyol beras di olah dengan bubuk kunyit dengan bermacam-macam bawang, daun timi, daun bay, dan kaldu ayam.

  • Geelrys

Nasi kuning ini berasal dari Afrika Selatan yang di olah dengan menggunakan beras berukuran panjang, kunyit, kayu manis, mentega, dan kismis.***

0 Komentar