Kolaburasi Ciptakan Kampung Literasi

0 Komentar

Kampung literasi, sebuah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, berhasil direplikasi di Kabupaten Kuningan. Diwujudkan melalui kolaburasi antara Disdikbud, Forum Taman Baca Masyarakat dan pihak lainnya, kampung literasi dapat diwujudkan dari kepedulian masyarakat.

Seperti Kampung Literasi Rumah Zakat di Dusun Manis Desa Sukadana Kecamatan Ciawi Gebang. Hasil kerjasama antara Rumah Zakat bersama Pemkab Kuningan melalui Disdikbud, Forum Taman Baca Masyarakat atau TBM Kabupaten Kuningan, Forkopimcam setempat.

Di Desa Sukadana terdapat TBM Pena Berdaya, tempat anak anak belajar, disekitar TBM juga tersedia lembaga kursus dan pelatihan atau LKP, yang disediakan oleh Rumah Zakat, untuk memfasilitasi masyarakat mempelajari dunia wirausaha.

Baca Juga:Wahana Baru Telaga Biru Cicerem KuninganTurunkan Angka Stunting

Kepala Disdikbud Kuningan melalui Kabid Pembinaan Paud Dikmas, Danu Nugraha, secara resmi meluncurkan Desa Sukadana menjadi kampung literasi melalui pemukulan gong. Hingga Maret 2023, Kuningan berhasil membuat 2 replika kampung literasi.

Kehadiran kampung literasi sangat membantu pemerintah dalam menanggulangi buta huruf, putus sekolah hingga peningkatan kualitas SDM.

Pihak Rumah Zakat menjelaskan, terbentuknya Kampung Literasi Rumah Zakat merupakan bentuk  sinergitas, antara Rumah Zakat dengan pemerintah, karena terdapat kesamaan program untuk masyarakat, khusus bagi mereka yang berhak menerima zakat dan sedekah.

Pembiayaan kegiatan ini merupakan hasil donasi di Rumah Zakat, adapun penggunaannya diprioritaskan untuk 4 pilar pemberdayaan, yaitu pendidikan melalui beasiswa, kesehatan, pemberdayaan ekonomi  dan kelestarian lingkungan.

Peresmian Kampung Literasi Rumah Zakat ditutup dengan pemberian penghargaan kepada rumah zakat, penghargaan ini diberikan oleh Disdikbud Kuningan, Forum TBM, dan Bunda Paud.

0 Komentar