Dinas PUTR Kab. Cirebon Memulai Pemeliharaan Rutin Jalan 

0 Komentar

Dinas PUTR Kabupaten Cirebon mulai melakukan pemeliharaan rutin jalan menggunakan alokasi anggaran 2023. Namun, alokasi anggaran dianggap jauh dari kata ideal. 

Dinas PUTR Kabupaten Cirebon, mulai melakukan pemeliharaan rutin jalan menggunakan alokasi anggaran 2023. Pemeliharaan rutin jalan ini, menjadi agenda dan program yang menjadi konsentrasi Dinas PUTR dalam penanganan dan menghadirkan kualitas infrastruktur yang mantap.

Di 2023, Dinas PUTR Kabupaten Cirebon mendapatkan alokasi pemeliharaan rutin jalan sebesar 2,3 milyar rupiah, dan digunakan untuk pembelian aspal melalui e-katalog sebesar 549 juta rupiah. Namun, jumlah pembelian aspal untuk pemeliharaan rutin jalan di 2023 ini, jauh lebih rendah dibangunkan 2022. Pasalnya, saat ini Dinas PUTR hanya mampu membeli 230 drum aspal, sedangkan di 2022 Dinas PUTR mampu membeli aspal sebanyak 1435 drum melalui optimalisasi penggunaan alokasi anggaran.

Baca Juga:Ogoh Ogoh 2023Desa Gebang Kulon Gelar Donor Darah

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Cirebon menjelaskan, total pemeliharaan rutin jalan yang harus ditangani mulai dari UPTD wilayah I sampai VIII, yakni sepanjang 162 kilometer dengan jumlah 48 ruas.

Sementara, pemeliharaan rutin jalan yang sudah mulai digelar ini, akan dimasifkan dan dilakukan di seluruh ruas jalan yang masuk dalam kewenangan Dinas PUTR Kabupaten Cirebon. Keterlibatan seluruh pihak dan stekholder terkait, juga dianggap sangat penting dalam penanganan jalan rusak terutama perihal pengalokasian anggaran.

Dilain sisi, Dinas PUTR Kabupaten Cirebon juga menilai alokasi anggaran pemeliharaan saat ini masuh belum ideal untuk optimalisasi penanganan jalan rusak ringan. Idealnya, untuk optimalisasi pemeliharaan rutin jalan membutuhkan 26 milyar rupiah, sementara di 2023 ini Dinas PUTR hanya mendapatkan 2,3 milyar rupiah untuk pemeliharaan jalan .

0 Komentar