5 Makanan Khas Pemalang yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa

5 Makanan Khas Pemalang yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa
Lontong Dekem merupakan salah satu makanan khas Pemalang/ foto: Info Pemalang/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Berikut makanan khas Pemalang yang bisa kalian coba saat mengunjungi daerah ini.

Penggemar kuliner tertarik ke Pemalang karena berbagai macam makanan lezatnya yang unik. Nasi grombyang, sate loso, lontong dekem, kraca, dan masakan khas Pemalang lainnya.

Berikut 5 Makanan Khas Pemalang yang cocok dijadikan menu berbuka puasa.

Sate Loso

Sate loso merupakan sajian yang menjadi makanan pokok di Pemalang. Seringkali, daging kerbau menjadi bahan utama pembuatan sate loso. Namun seiring berkembangnya sate Loso, kini semakin banyak yang menggunakan daging sapi.

Baca Juga:Wajib Beli Oleh oleh Khas Pemalang Ogel ogel yang Rasanya Gurih, Renyah dan Lezat!Melaju Cepat dengan 3 Travel Majalengka Bandung Ini! Cek Sekarang!

Sebelum di bakar, dagingnya di asinkan terlebih dahulu. Ada dua jenis bumbu yaitu bumbu sate dan bumbu kacang. Seringkali, sup yang terbuat dari tulang muda, urat, dan tauge disajikan dengan sate ini.

Kabarnya, sate loso berasal dari nama pembuatnya, yaitu Mbah Loso. Sate Loso, salah satu restoran terkenal di Pemalang yang terletak di Jl. Urip Sumoharjo N0.327 di Pelutan.

Pecak Belut

Pecak Belut merupakan sajian tradisional Pemalang. Belut goreng dengan saus sambal di atasnya dikenal dengan pecak belut. Pecak belut cabai kering atau pecak belut santan adalah pilihan yang dapat kalian pilih.

Makanan ini di sajikan dengan sajian bersama nasi panas dan bawang goreng utuh. Pecak belut adalah favorit di kalangan pecinta kuliner karena rasanya yang pedas dan penampilannya yang menggugah selera.

Nasi Grombyang

Nasi Grombyang merupakan masakan khas Pemalang. Salah satu jenis nasi campur khas Pemalang, Jawa Tengah ini banyak disukai para pendatang.

Nama hidangan ini berasal dari cara penyajiannya yaitu, saus tambahan di apit di antara bahan-bahan makanan yang membuat hidangan tampak bergoyang.

Nasi grombyang sering kali di sajikan dengan potongan daging sapi, saus, dan sate kerbau dalam satu porsi. Masing-masing di tawarkan secara terpisah.

Baca Juga:Naik Travel Cirebon Semarang Cuma 100 Ribu-an!!Terbaru!! Ini Info Travel Bandung Jakarta dengan Tarif Murah!

Salah satu penjual Nasi grombyang yang terkenal adalah Pak Waridin Sirandu. Berada di Jl Gatot Subroto, N0:31, Kebondalem, Bojongbata, Pemalang, makanan ini termasuk yang paling diburu wisatawan.

Kraca

Kraca adalah makanan tradisional dari Pemalang. Bekicot atau kerang di gunakan untuk membuat hidangan kraca, yang di olah dengan rempah-rempah unik antara lain ketumbar, bawang putih, kemiri, dan lain-lain.

Kraca merupakan salah satu kuliner yang banyak di gemari berkat cita rasanya yang khas dan unik. Jika kalian ingin mencicipi makanan lezat ini, kalian bisa mengunjungi  warung Mas Kiwil di Desa Bodeh Pemalang.

Lontong Dekem

Lontong dekem adalah masakan tradisional Pemalang yang terbuat dari lontong dan sate khas dekem yang terkenal. Ada dua jenis varian sate ini.

Ada sate yang potongannya sudah di pipihkan terlebih dahulu, lalu di tusuk dengan lidi, lalu di lumuri kuah. Kemudian, ada sate goreng yang terbuat dari kulit ayam dan jeroan yang sudah di bumbui dengan parutan kelapa atau serundeng.

Kalian bisa menemukan Lontong Dekem Pemalang yang terkenal di kedai Pak Dradjat Jl. Mochtar di Kebondalem

Salah satu dekem lontong yang lebih terkenal bisa di temukan di toko Pak Dradjat di Jl. Mochtar, Kebondalem, Pemalang.

Itulah beberapa makanan khas Pemalang yang bisa kalian coba.***

0 Komentar