Nih, 6 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Buat yang Bingung Mau Beli Apa

Nih, 6 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Buat yang Bingung Mau Beli Apa
oleh-oleh wonosobo (instagram caricagemilang)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Berkunjung ke Wonosobo, jangan lupa membawa oleh-oleh khas untuk orang kesayangan; baik keluarga, teman, maupun kerabat.

Ada banyak pilihan loh untuk kamu yang ingin membawa buah tangan dari kota yang berada di Jawa Tengah ini.

Ada apa saja, ya?

Berikut daftarnya

  • Geblek

Salah satu makanan yang bisa di jadikan oleh-oleh khas Wonosobo ini, terbuat dari terbuat dari tepung tapioka basah, dan di campur dengan daun kucai serta bumbu dengan bentuk seperti cincin berwarna putih.

Baca Juga:Mampir Wonosobo, Jangan Lupa ke 4 Toko Oleh-Oleh IniCari Hotel Murah di Wonosobo? Ini 4 Daftarnya, Ada yang 100 Ribuan

Di sajikan dengan bumbu kacang yang pedas sebagai cocolan dan akan menghasilkan tekstur yang kenyal serta gurih, apalagi saat berpadu dengan cocolan bumbu kacang tersebut.

Untuk di bawa menjadi buah tangan, ada loh yang menjualnya dalam bentuk frozen atau beku.

  • Purwaceng

Tanaman ini di kemas dalam bentuk bubuk yang bisa di campurkan ke dalam minuman dan rasa dari purwaceng ini katanya sedikit pedas. Untuk khasiatnya, di percaya dapat menghangatkan tubuh dan bisa menambah tenaga.

  • Carica

Salah satu buah yang tumbuh di dataran Dieng ini, memiliki rasa yang manis. Selain itu, bentuknya menyerupai seperti papaya dengan daging buah yang tipis.

Buah ini di jadikan berbagai olahan pangan seperti manisan, jus, dan dodol.

  • Sagon atau rangin

Makanan yang di buat dari parutan kelapa ini mempunyai bentuk yang bulat serta berwarna putih. Rasanya gurih dan manis lantaran ada tambahan gula di dalamnya.

Cara membuatnya pun di panggang di atas arang sehingga penampakan dari makanan ini seperti sedikit gosong.

Baca Juga:Cuci Mata dan Bersantai ke 5 Wisata Wonosobo Ini Yuk!Kalo ke Wonosobo Jangan Lupa Cobain 4 Makanan Khas Ini Dong

  • Mie ongklok

Salah satu makanan terkenal ini, berbahan dasar dari mie. Meskipun di Wonosobo terdapat tempat makan mie ongklok yang menjual dengan cara langsung di santap, ternyata mie ongklok ini juga ada yang di jual dalam bentuk instan.

Caranya menikmatinya pun mudah, seperti saat membuat mie instan pada umumnya; yaitu dengan merebus menggunakan air panas kemudian campurkan dengan menggunakan bumbu yang terdapat dalam kemasan.

  • Opak singkong

Berbahan dasar singkong, makanan ini di buat dengan cara memipihkan singkong rebus yang sudah di tumbuk, kemudian di jemur hingga kering, lalu di goreng.

Agar menambah rasa gurih dan nikmat, opak singkong tidak lupa di tambahkan dengan garam dan juga daun kucai.

Itulah daftar oleh-oleh khas dari Wonosobo. ***

0 Komentar