Suka Kue Mochi? Wajib Coba Mochi Kaswari Lampion Sukabumi Nih Gengs

Suka Kue Mochi? Wajib Coba Mochi Kaswari Lampion Sukabumi Nih Gengs
Mochi Lampion Sukabumi (foto : https://www.instagram.com/mochilampion_smi/)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mochi adalah makanan yang memiliki bentuk bundar yang di buat dari beras ketan dan umumnya diisi dengan adonan kacang. Banyak orang menyukai makanan yang memiliki rasa manis tersebut. Di Sukabumi, terdapat mochi legendaris yang wajib kamu coba.

Mochi terkadang  menggunakan beberapa bahan tambahan lain, seperti air, gula, dan tepung jagung, serta bisa di isi dengan bahan lain, seperti cokelat atau kacang merah. Dalam proses pembuatan, beras ketan akan diolah hingga menjadi pasta dan di bentuk sesuai keinginan, biasanya berbentuk bulat.

Sejarah mochi cukup panjang dan kompleks. Kue beras ini terkenal berasal dari Jepang, tetapi mochi yang di kenal di Indonesia (atau moci) sebenarnya adalah makanan tradisional khas Jawa Barat yang berasal dari Kerajaan Sunda pada zaman dahulu.

Baca Juga:Sejarah Hingga Daya Tarik Pantai Pelabuhan Ratu SukabumiDari Kendal mau Jalan-Jalan Ke Jogja? Naik Travel Bus Kendal – Jogja ini Aja Kak!

Terdapat satu penghasil mochi yang cukup terkenal di Sukabumi. Nama mereka adalah Mochi Lampion atau sering di sebut sebagai Mochi Kaswari Lampion. Mochi Lampion di dirikan pada tahun 1983 dan saat ini telah diteruskan oleh generasi kedua.

Pada awal berdirinya, Mochi Lampion tidak mendapat perhatian yang cukup. Mochi tersebut di jual dengan cara berkeliling dan jika tidak terjual akan di bawa ke pasar untuk di jadikan dodol.

Namun, setelah muncul di media nasional yang membahas tentang kuliner khas Sukabumi dan di dukung oleh pemerintah sebagai simbol makanan khas daerah tersebut, nama Mochi Lampion mulai di kenal.

Pada tahun 2014, Mochi Lampion pindah ke lokasi yang lebih besar untuk memudahkan akses bagi wisatawan.

Pada tahun tersebut, mereka mulai mencoba variasi baru seperti mochi dengan rasa Nutella, Milo, keju, dan sebagainya. Hingga saat ini, terdapat total 18 jenis variasi rasa.

Bisnis Mochi Lampion juga mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini terlihat dari adanya pabrik yang di dirikan pada tahun 2017.

Selain melakukan inovasi baru terhadap varian rasa baru, Mochi Lampion juga melayani pembelian online melalui marketplace kesayanganmu.

Baca Juga:Keunggulan Naik Bus serta Daftar Bus dari Kendal Menuju JakartaJadwal dan Harga Tiket Bioskop CGV Rita Supermall Purwokerto

Demikianlah informasi mengenai mochi Sukabumi yang legendaris  dan sudah terkenal di banyak tempat. Bila kamu tertarik untuk melihat-lihat atau membelinya, kamu bisa datang langsung ke alamat Gg. Kaswari No.1, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat atau melihat official instagram @mochilampion_smi.

0 Komentar