Cara Cepat Cek Bansos Kemensos, Berikut Langkah-langkahnya!

Cara daftar Bansos Kemensos
Cara daftar Bansos Kemensos
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kabar baik mengenai pencairan Bansos dari Kemensos Indonesia sudah tersebar luas.

Terlebih lagi, mendekati Hari Raya Idul Fitri, Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah akan dapat sedikit membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sampai tahun 2023 ini, pemerintah masih terus mengalirkan program Bansos untuk mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia.

Baca Juga:Bansos 2023 Akan Segera Cair, Cek Daftar Bansos Berikut Nama Penerima di Sini!Phishing Merajalela di Indonesia, Berikut Ciri-ciri dan Tips Pencegahannya!

Bagi masyarakat yang terdaftar akan menerima Bansos yang di salurkan pada bulan April 2023 ini yang dapat di lihat dari situs cekbansos.kemensos.go.id

Namun sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum paham mengenai tata cara mengecek daftar penerima Bansos dari website tersebut.

Terutama untuk para masyarakat yang umur nya sudah lanjut usia dan gagap teknologi. Pasti akan menyulitkan jika tidak tahu tata caranya.

Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan tata cara cek Bansos Kemensos yang mudah di mengerti dan lebih detail.

Jadi kamu bisa lebih mudah cek Bansos Kemensos dan mencari daftar namamu tertera atau tidak tertera dalam pencairan Bansos kali ini.

Yuk langsung saja kita cek ulasan di bawah ini mengenai tutorial cek Bansos Kemensos yang mudah di pahami.

Berikut cara cek Bansos Kemensos secara online:

  • Buka link cekbansos.kemensos.go.id di web browser HP. 
  • Siapkan KTP untuk mengisi data pribadi. 
  • Lengkapi satu per satu alamat domisili mencakup Provinsi, Kabupaten hingga Desa.
  • Tulis nama lengkap di kolom Nama PM.  
  • Masukkan kode huruf yang sesuai dengan gambar. 
  • Pilih ‘Cari Data’. 

Berikutnya jika sistem tersebut menunjukkan keterangan berupa Nama Penerima, Umur dan deretan jenis bansos, itu artinya Anda sudah terdaftar sebagai penerima salah satu bantuan, PKH atau BPNT 2023. 

Baca Juga:Indonesia Jadi Negara Nomor 1 Darurat Phishing, Ayo Cegah Sebelum Terlanjur!4 Makanan Khas Banjar Jawa Barat yang Enak Banget, Wajib Kamu Coba!

Kemudian, untuk menguatkannya, pastikan dalam kolom PKH atau BPNT termuat informasi dalam format Status (YA), yang menandakan bahwa Anda terdaftar sebagai salah satu penerima bansos tersebut. 

Setelah itu, jika Kemensos telah menentukan jadwal pencairan, Anda akan menerima surat undangan berisi tanggal pencairan dan besaran bansos yang di peroleh. 

Bagi penerima PKH, bantuan hingga Rp 750.000 per tahap dengan kategori tertentu dapat di ambil melalui Bank Himbara (BRI, BNI, BTN atau Mandiri). 

Sementara itu, untuk penerima BPNT, bantuan senilai Rp 200.000 dapat dicairkan melalui Kantor Pos terdekat. 

0 Komentar