Makanan Khas Cirebon

makanan khas cirebon yang murah dan enak !
makanan khas cirebon yang murah dan enak !
0 Komentar

Hallo Sahabat Radar Semoga Sehat Selalu Kali ini Mimin Radar Ingin kasi Informasi tentang

makanan khas cirebon yang enak apa aja ya simak ya semoga bermanfaat makasih .

Cirebon adalah kota pelabuhan yang terletak di sebelah utara Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Baca Juga:Polisi Siapkan Tim Urai Kemacetan Di Jalur Selatan BrebesUltah Ke-8, My Republic Buka Penyedia Layanan Internet Di Tegal

Kota ini terkenal sebagai destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Cirebon juga memiliki kuliner lokal yang tak kalah menarik.

Menikmati makanan khas Cirebon merupakan salah satu kegiatan wisata yang wajib bagi para wisatawan saat berkunjung ke Cirebon.

wisata yang berhubungan dengan makanan dan minuman ini di kenal dengan wisata kuliner.

beberapa tahun terakhir, wisata kuliner mengalami perkembangan yang pesat dalam industri pariwisata saat ini.

Cirebon juga punya makanan dengan cita rasa khas yang bisa di nikmati untuk dengan harga terjangkau. Kamu bisa mencari deretan makanan khas Cirebon ini untuk wisata kuliner selama berada di sana. 

Ada banyak makanan khas Cirebon yang dapat Anda nikmati saat berkunjung, berikut pembahasannya.

1 Growolan

makanan khas Cirebon yang terbuat dari olahan gaplek (singkong yang sudah di haluskan lalu di jemur hingga kering) dan parutan kelapa. Kata growolan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti gumpalan atau kumpulan.

Baca Juga:Lubang Jalan Pantura Ditambal Jelang MudikSungai Sijarak Harus Jadi Prioritas Normalisasi

gaplek yang telah di jemur dan di cuci bersih lalu di kukus. Setelah matang, gaplek di biarkan hingga dingin sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.

Kemudian gaplek di campur dengan parutan kelapa yang sudah diberi sedikit garam.

2 Kerupuk Melarat

Kerupuk melarat atau juga dikenal oleh masyarakat Cirebon dengan julukan kerupuk pasir adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka. Nama kerupuk melarat sendiri berasal dari kata melarat  yang berarti miskin karena harga minyak goreng yang saat itu mahal sehingga tidak semua masyarakat Cirebon bisa mendapatkannya.

Hal tersebut yang mendorong masyarakat Cirebon untuk berinovasi dengan menggoreng kerupuk menggunakan pasir. Bukan sembarang pasir, tetapi pasir yang sudah di bersihkan, di keringkan, dan di ayak.

3 Tahu Gejrot

berawal dari para etnis Tionghoa yang mendirikan pabrik tahu di wilayah Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Kuliner ini berbahan dasar tahu gembos yang di potong kecil-kecil lalu di siram dengan kuah berwarna coklat dari gula merah.

air gula merah yang encer, pedagang biasanya menggunakan botol berlubang kecil yang jika dituang harus dengan jalan diremas sehingga ketika air keluar berbunyi jrot-jrot-jrot. Dari situlah masyarakat Cirebon.

4 Nasi Bogana

Nasi bogana berupa tumpeng nasi kuning dengan pelengkap lauk pauk seadanya, biasanya tahu tempe, telur ayam, dan ayam semuanya di masak dengan bumbu kuning. Tumpeng melambangkan kesatuan dengan Tuhan sementara warna kuning melambangkan keagungan.

Nasi bogana biasanya di sajikan saat acara tradisi Suroan, Rajaban, dan Syabanan.

Nah itulah beberapa di antara Mimin sampaikan di hari ini makasih ya sudah masuk dan baca artikel

ini sampurasun ,,, sahabat Radar !!!

0 Komentar