Kamu Harus Tahu! Makanan Khas Lampung Punya Rasa Seeedop

Foto: Youtube (makanan khas Lampung)
Foto: Youtube (makanan khas Lampung)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kamu Harus Tahu! Makanan Khas Lampung Punya Rasa Seeedop. Datang dari pulau Sumatra, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan cita rasa masakan khasnya.

asin, gurih, pedas, bersantan ini membuat semua orang jatuh cinta. Pemakaian bumbu yang lekoh dan mantap, siapapun akan terpikat di buatnya.

kali ini datang dari Lampung, daerah yang memiliki populasi gajah terbesar di Indonesia ini memiliki makanan khas yang enak lho.

Baca Juga:KYAAA!! Prediksi Harga Iphone Flip Gregetan NihMau Lepas Hp Lawas? Jual Hp Nokia Lama Kamu di Tempat Ini

rencanakan liburan kamu ke Lampung, sebelum itu kenalan dulu sama makanannya.

Gulai Taboh

Gulai taboh merupakan masakan khas dari daerah pesisir Lampung dengan rasa yang asin. Sajian ini selalu di sajikan pada acara-acara adat dan tidak ketinggalan dari menunya.

Gulai taboh terbuat dari bahan utama ikan laut atau sungai. Ikan sungai yang biasa di gunakan untuk mujair, sebelumnya di asap mendadak atau di sebut iwa tapa mendadak.

Taboh gulai di bumbui hanya dengan keluak. Namun bila bahan utamanya adalah ikan laut, kacang-kacangan, buah melinjo, labu kuning, ubi dan sayuran lainnya di tambahkan untuk di masak dengan santan. Cara makan cukup unik. Kuah gulai taboh biasanya di santap dengan nasi panas. 

Umbu

Umbu adalah makanan yang bahan utamanya adalah rotan muda. Selama produksi, rotan ini di rebus setengah matang. Bumbu ini sering di gunakan sebagai bahan dasar sayuran seperti tumisan atau bisa juga di sajikan segar dalam bentuk lalapan.

Umbi ini tidak hanya menggunakan rotan sebagai bahan utamanya, tapi juga bisa mencampurkan bahan lain sesuai selera.  

Engkak

Engkak sangat enak sebagai camilan dan juga untuk sarapan. Gula pasir, tepung ketan putih, telur, susu kental manis, santan dan mentega di gunakan untuk membuat engkak. 

Baca Juga:Definisi Kecil-kecil Cabe Rawit, Nokia 2720 Flip Bisa WA,IG,FB, TIKTOK juga bisa!!Dari Nokia 2720, Hp Flip Android Murah Kembali Trending Cuma 1 Jutaan Lho..

Engkak merupakan makanan dengan rasa yang agak manis. Bahan utama pembuatan engkak adalah telur dan mentega yang di haluskan menjadi tekstur yang sangat lembut.

Seruit

Seruit adalah masakan khas Lampung yang terdiri dari ikan goreng atau bakar yang di campur dengan sambal, tempoyak atau mangga.Ikan seperti balido, baung, layis atau ikan sungai lainnya biasanya di gunakan untuk harpun. Bisa di bilang cara melakukannya cukup mudah lho! Ikan pilihan kemudian di bumbui dengan bawang putih, garam dan kunyit.

Saat di panggang atau digoreng, mendapat tambahan cabai bercampur tempojak. Terakhir, nasi dan lalapan menjadi lauk yang pas dan enak untuk harpun. 

Geguduh

Salah satu jajanan tradisional yang paling populer di Lampung. Geguduh terbuat dari pisang kepok yang di haluskan hingga lunak, kemudian di tambahkan tepung dan di aduk hingga merata.

Makanan yang satu ini biasanya di nikmati bersama keluarga atau teman sambil di temani secangkir kopi atau teh hangat. Cara memasaknya sederhana yaitu pisang di goreng hingga matang. Untuk rasa lebih, tambahkan daun pandan atau air kapur sirih. 

0 Komentar